Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS “DUNIA WARNA” UNTUK MATERI PENGENALAN WARNA PADA ANAK TK AL-HIDAYAH GADING SELOPURO BLITAR

misyatul . umayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Misyatul, Umayah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis “DuniaWarna” Untuk Materi Pengenalan Warna Pada Anak TK Al-Hidayah Gading Kecamatan Selopuro, Blitar. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto, M.Hum, (2) Lisa Sidyawati S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, media infografis “DuniaWarna”, warna, anak taman kanak-kanak

Siswa TK adalah anak yang termasuk dalam jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, dimana siswa masih sulit diajak fokus dalam pembelajaran. Siswa TK membutuhkan media yang inovatif, menarik, dan menyenangkan bagi mereka agar dapat fokus pada pembelajran. Di TK Al-Hidayah Gading pembelajaran materi warna masih menggunakan media poster dan kertas lipat, media ini kurang menarik bagi siswa TK. Siswa membutuhkan media yang memadukan gambar dan materi pembelajaran yang unik agar dapat mempelajari materi warna dengan fokus. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran Infografis “DuniaWarna” yang memadukan informasi berupa materi dalam bentuk gambar.

Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran Infografis “DuniaWarna” ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa TK pada materi pengenalan warna melalui infografis. Selain tujuan utama tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat hasil persentase tingkat kelayakan  media Infografis, sehingga media ini dapat menjadi alternatif media pembatu bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall, namun penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang ada. Langkah yang dilakukan pada penelitian ini mulai dari (1) Melakukan penelitian awal observasi lapangan dalam rangka pengumpulan data pada TK Al-Hidayah Gading, (2) membuat desain produk sampai dengan hasil jadi yang siap untuk di validasikan pada tahapan selanjutnya, (3) memvalidasikan produk 2 orang ahli media dan 2 orang ahlimateri, (4) revisi produk tahap pertama peneliti melakukan kegiatan revisi produk berdasarkan masukan dari angket , (5) uji coba lapangan di kelas A-1 TK Al-Hidayah Gading (6) revisi produk tahap kedua, padatahapan ini peneliti melakukan revisi produk tahap akhir yang diperlukan dari temuan hasil uji coba, (7) hasil akhir produk pengembangan.

 

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk media pembelajaran infografis “Dunia warna”. Berdasarkan kegiatan uji coba ahli dinyatakan bahwa produk ini menghasilkan persentase; (1) 83,9% dinyatakan sesuai oleh ahli media dengan kriteria sangat valid, (2) 94,5% dinyatakan sesuai oleh ahli materi dengan kriteria sangat valid. Pada uji coba lapangan di kelas A-1 TK Al-Hidayah dinyatakan bahwa produk ini menghasilkan persentase 89,2% yang masuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka produk media pembelajaran Infografis “DuniaWarna”termasuk dalam kategori sangat baik atau sangat layak untuk digunakan dan disebarluaskan.