Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Merancang Film Animasi 2D Tentang Museum HAM Omah Munir

Deny Setyawan

Abstrak


ABSTRAK

Setyawan, Deny. 2016. Merancang Film Animasi 2D tentang Museum HAM Omah Munir. Tugas Akhir, Program Studi D3 Game Animasi, Jurusan Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang. Pembimbimg: (I) Andy Pramono, S.Kom.M.T.

Kata kunci: perancangan, munir, Animasi.

Museum Hak Asasi Manusia Omah Munir merupakan museum pertama di Asia Tenggara yang secara khusus membahas tentang Hak Asasi Manusia, museum ini terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Museum ini didirikan sebagai wujud penghargaan untuk salah satu pejuang Hak Asasi Manusia Indonesia yang tewas karena dibunuh, Munir Said Thalib. Tujuan utama dari museum ini adalah sebagai sarana pendidikan Hak Asasi Manusia bagi masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia, agar para pemuda lebih menyadari tentang Hak Asasi Manusia, namun karena kurangnya promosi yang dilakukan oleh pengelola banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang museum ini. selama ini media informasi yang digunakan hanya sebatas sosial media Facebook (https://facebook.com/omahmunir), Twitter https://twitter.com/omahmunir dan website (https://omahmunir.com). Maka dari itu diperlukan media informasi yang ampuh untuk menarik pengunjung, salah satunya adalah dengan menggunkan media berupa film Animasi 2D, Animasi dipilih karena saat ini animasi adalah media informasi yang disukai masyarakat. Dengan demikian, diharapkan pesan yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik.

Tujuan dari disusunnya perancangan Film Animasi 2D museum HAM Omah Munir ini adalah menghasilkan sebuah film informasi berupa film animasi 2D yang nantinya dapat dipakai sebagai media yang efektif untuk menarik pengunjung Museum Omah Munir.

Perancangan yang dibuat adalah menggunakan model perancangan yang bersifat prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari buku, internet, dan serta wawancara di lapangan.

Hasil dari perancangan ini adalah sebuah film animasi 2D berdurasi 2 menit tentang museum HAM Omah Munir yang dapat dijadikan sebuah media informasi yang efektif kepada masyarakat khususnya generasi muda agar mereka tertarik untuk mengunjungi Museum HAM  Omah Munir.