Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus di SDN Percobaan 1 Malang).

Renita Silvia Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Renita Silvia. 2016. Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Negeri (Studi Kasus di SDN Percobaan 1 Malang). Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Maisyaroh, S.Pd, M.Pd, (II) Wildan Zulkarnain, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: kepemimpinan, transformasional, kepala sekolah.

 

Pendidikan di Indonesia yang semakin lama semakin maju membutuhkan kepemimpinan transformasional agar dapat mentransformasikan perubahan yang ada dan diterapkan pada organisasi sekolah. Komponen yang paling berpengaruh terhadap perubahan ini adalah kepala sekolah sebagai penanggung jawab seluruh kegiatan yang ada di sekolah. Kepala sekolahlah yang akan menggerakkan sekolah termasuk langkah sekolah kedepan, tujuan yang dicapai, strategi yang digunakan, dan sistem yang dibangun untuk menggapai prestasi di masa depan.

Fokus penelitian yaitu; (1) ciri implementasi kepemimpinan transformasional kepala SDN Percobaan 1 Malang; (2) faktor pendukung dalam implementasi kepemimpinan transformasional kepala SDN Percobaan 1 Malang; (3) faktor penghambat dan solusi dalam implementasi kepemimpinan transformasional kepala SDN Percobaan 1 Malang.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dan peneliti sebagai pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan dengan tenik wawancara, observasi dan, dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan reduksi data, display data  dan verifikasi data. Teknik pengecekkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility), derajat keteralihan (transferability), derajat ketergantungan (dependability), dan derajat kepastian (confirmability).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Ciri implementasi kepemimpinan transformasional Kepala SDN Percobaan 1 Malang yaitu; (a) idealisasi pengaruh (Idealized influence) yaitu kepala sekolah menjadi teladan yang baik dan menumbuhkan kebanggaan bagi warga sekolah, (b) motivasi inspirasional (Inspirational motivation) yaitu kepala sekolah berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, dan kepala sekolah mampu membangkitkan semangat, memberikan perhatian, serta kepercayaan bagi warga sekolahnya , (c) konsiderasi intelektual (Individualized consideration yaitu kepala sekolah kepala sekolah memberi penghargaan diri bagi guru yang kreatif dan kepala sekolah memberi kesempatan warga sekolah untuk menyelesaikan masalahnya sendiri,(d) stimulasi intelektual (Intellectual stimulation) yaitu kepala sekolah mengikutsertakan guru dan staf dalam pelatihan, kepala sekolah melakukan supervisi kunjungan kelas dan selalu menanyakan bahan ajar. (2) Faktor pendukung dari kepemimpinan transformasional didapat faktor internal dan eksternal, yaitu; (a) faktor internal bersumber dari guru, staf dan siswa, (b) faktor eksternal bersumber dari luar sekolah yaitu dari orang tua peserta didik, masyarakat, Dinas Pendidikan, forum kelas, puskesmas. (3) Faktor penghambat dan solusi yaitu kurang disiplinya orang tua mengantar dan menjemput siswa, terdapat bebrapa guru yang belum menyiapkan RPP saat mengajar, dan terdapat beberapa guru yang terlambat saat datang ke sekolah. Solusinya adalah kepala Sekolah memberitahukan kepada orang tua siswa agar mengantar dan menjemput anaknya sesuai dengan jadwal, kepala Sekolah menindak lanjuti dengan memberikan arahan mengenai kesiapan mengajar, harus terlebih membuat RPP dan memastikan tidak terulang kembali, kepala Sekolah memberikan contoh langsung seperti berangkat lebih pagi untuk jabat tangan dengan peserta didik

 

Saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu; (1) bagi Kepala SDN Percobaan 1 Malang yaitu perlu mengintensifkan perilaku kepemimpinan transformasional guna memicu motivasi kerja guru dan staf  agar lebih baik. Hal ini penting mengingat karakteristik masyarakat yang selalu melihat perilaku pemimpinya dalam mengerjakan sesuatu, (2) bagi guru dan Staf SDN Percobaan 1 Malang yaitu guru dan staf diharapkaan mampu mempertahankan motivasi kerja maupun meningkatkan keterlibatan untuk mendukung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, (3) Bagi Peserta didik dan Orang Tua diharapkan Peserta didik hendaknya selalu mentaati peraturan tata tertib sekolah dan bagi orang tua hendaknya selalu memberikan dukungan pelaksanaan tata tertib yang ada disekolah untuk mendukung kepemimpinan transformasional kepala sekolah, (4) bagi peneliti lain, disarankan agar melakukan tindak lanjut dari penelitian ini berupa melakukan penelitian mengenai kepemimpinan transformasional yang lebih efektif  untuk diterapkan di lembaga pendidikan.