Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

perancangan game 2 dimensi berbasis platform tentang " kisah perjuangan semut dalam kehidupannya"

juwita mega wijayanti

Abstrak


ABSTRAK

Wijayanti, Juwita Mega. 2016. Perancangan  Game 2D Berbasis Platform Tentang Kisah Perjuangan Semut Dalam Kehidupannya. Tugas Akhir, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs Didiek Rahmanadji, M.Pd  (II) Joko Samodra, S.Kom., M.T

 

Kata Kunci : Game, 2D, Platform, Kisah Perjuangan Semut

Perkembangan teknologi di Indonesia semakin canggih dan berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi – inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Seiring berkembangnya teknologi telah mengakibatkan jenis permainan atau game berkembang pesat. Salah satunya adalah permainan berbasis mobile phone atau smartphone dan PC game. Akan tetapi, game yang berkembang saat ini ada beberapa yang mengandung unsur kekerasan sehingga dapat meningkatkan tingkat agresif pada anak. Oleh karena itu perlu dirancang game yang cocok dan memeberikan teladan positif yang bisa di contoh, salah satunya adalah tentang kisah perjuangan semut.

Metode yang digunakan dalam merancang game adalah dengan menggariskan langkah-langkah yang harus dikuti untuk menghasilkan suatu produk. Langkah-langkah tersebut adalah pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Software yang digunakan untuk membuat game ini adalah Construct 2 sebagai pemrograman, sedangkan dalam pembuatan karakter utama, penghalang, background, dan grafis yang  lain digunakan Adobe Photoshop CS3.

Perancangan ini menghasilkan karya berupa Game 2 dimensi berbasis platform dengan judul “Kisah Perjuangan Semut Dalam Kehidupannya”. Terdapat 3 level dalam game ini. Dan diakhir permainan terdapat cerita bergambar yang sudah ada narasinya sebagai sarana pendukung yang menjelaskan tentang teladan positif yang bisa dicontoh dari kehidupan semut. Game ini mampu dimainkan pada komputer dengan spesifikasi minimal RAM 1GB, VGA 512Mb, Processor 2,20GHz. Dan mampu dimainkan di smartphone dengan spesifikasi minimal RAM 1 GB, Versi Android 4.4.2 (Kitkat). Tugas Akhir ini juga menghasilkan media pendukung yaitu cover CD, label CD, poster dan stiker.

Dari perancangan game “Kisah Perjuangan Semut Dalam Kehidupannya” ini diharapkan dapat memajukan industri game di Indonesia, selain itu juga diharapkan pemain dapat lebih menghargai makhluk hidup disekitarnya dan bisa mengambil teladan positif yang ada untuk digunakan dikehidupan sehari-hari.