Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pembuatan film animasi 3 dimensi tentang " do'a harian untuk pembentukan akhlak anak muslim"

mohammad khamdan syaifuddin

Abstrak


ABSTRAK

Syaifuddin, Mohammad Khamdan, 2016.Film Animasi 3Dimensi Tentang Doa Harian Untuk Pembentukan Akhlak Anak Muslim. Tugas Akhir, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Andy Pramono S.Kom, M.T, (II) Joko Samodra, S.Kom

Kata Kunci:Animasi 3D, Akhlak, Anak Muslim.

Kehidupan manusia pada dasarnya tidak terlepas dari Tuhan (Agama) yang akan menuntun manusia ke jalan yang benar sesuai dengan ajaran agama yang di anutnya. Penerapan ilmu agama yang benar dalam kehidupan sehari-hari pada setiap aktivitas yang dilakukan akan menguatkan pegangan pada kekuatan iman yang berdasarkan pondasi aqidah yang kuat sehingga perkembangan pola pikir dan gaya hidup dalam bentuk apapun tidak akan mengubah pondasi keimanan dan pola pikir manusia dalam memandang kehidupan. Khususnya agama islam, Allah SWT memerintahkan umat muslim untuk melakukan ibadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah dan senantiasa berdo’a dalam setiap memulai atau mengakhiri suatu aktivitas, sehingga umat muslim akan senantiasa mengingat Allah dalam segala aktivitasnya. pada jaman yang semakin maju ini banyak generasi muda sekarang menjadi lupa akan pentingnya berdoa dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari hari. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan media yang mengajarkan tentang berdoa dalam sehari hari untuk pembentukan akhlak anak muslim.

Tujuan dari pembuatan film Animasi 3 Dimensi Doa Harian Untuk Pembentukan Akhlak Anak Muslim ini adalah untuk membuat generasi muda jaman sekarang khususnya anak muslim sadar akan pentingnya berakhlak dan berdoa dalam kehidupan sehari - hari.

Model perancangan yang digunakan adalah model prosedural yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk mengacu model dari Isaac Kerlow. Proses visualisasi film animasi 3 dimensi Doa Harian Untuk Pembentukan Akhlak Anak Muslim ini mempunyai 3 tahap perancangan, yaitu pra produksi (ide cerita,script,storyboard,desain karakter dan background,desain audio,modeling), produksi (animate action, animate lipsync), dan pasca produksi (render,compositing,editing,packaging).

Perancangan ini menghasilkan sebuah film animasi 3 dimensi yang menceritakan seorang anak yang berlibur ke desa dan disanalah anak ini belajar tentang pentingnya membaca dan mengamalkan doa dalam kehidupan sehari - hari, film ini berdurasi 6 menit 17 detik, resolusi 1280p x 720p,25 FPS (Frame Per Second).