Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan keterampilan membaca notasi musik melalui metodedemonstrasi terbimbing bagi siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Nganjuk.

nyadi sutrisno

Abstrak


ABSTRAK

Sutrisno, Nyadi 2016 : Peningkatan keterampilan membaca notasi musik melalui metodedemonstrasi terbimbing bagi siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Nganjuk. Skripsi jurusan seni dan desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dra. Ninik Harini, M.Sn.

Kata Kunci : MetodeDemonstrasiTerbimbing, kemampuanmembacanotasimusik (balok).

 Keterampilan membaca notasi balok sebagai pembelajaran pada materi pelajaran seni musik dirasa menjadi keterampilan yang paling utama diperlukan, karena merupakan kemampuan dasar untuk dapat memainkan alat musik dan bernyanyi. kemampuan membaca notasi balok pada siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 1 Nganjuk tergolong masih rendah sehingga perlu ada media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa masih dibawah SKM 75.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian pada siklus pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Nganjuk dengan jumlah siswa 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, tes, dan dokumentasi dan analisis secara deskriptif menggunakan persentase.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran seni musik melalui metode demonstrasi terbimbingyang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMPN 1 Nganjuk. Keterampilan membaca notasi balok sebagai pembelajaran pada materi pelajaran seni musik dirasa menjadi keterampilan yang paling utama diperlukan, karena merupakan kemampuan dasar untuk dapat memainkan alat musik dan bernyanyi.

Berdasarkan hasil analisa tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi terbimbing pada siklus I dan siklus II, di peroleh data bahwa kemampuan membaca notasi balok siswa dengan menggunakan demonstrasi terbimbing mengalami peningkatan. Pada pratindakan 15% yang tuntas dan 85% yang belum tuntas. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada tes yang dilakukan pada siklus I dan siklus II sebanyak 56 yang tuntas dengan SKM 75. Sedangkan pada siklus II nilai meningkat menjadi 88% keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 85% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95%.

Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran dengan metode demonstrasi terbimbing dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam notasi musik