Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Tentang Kompetensi 12 Prinsip Animasi Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Untuk Siswa Multimedia SMK

Dany Saputra

Abstrak


ABSTRACT

 

Saputra, Dany. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Tentang Kompetensi 12 Prinsip Animasi Pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Untuk Siswa Multimedia SMK. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moeljadi Pranata, M.Pd, (II) Joko Samodra, S.Kom, M.T. Penguji: Andy Pramono, S.Kom, M.T

Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, 12 prinsip animasi 2D.

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar yang dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Dalam pembelajaran teknik animasi 2 dimensi khususnya pada kompetensi 12 prinsip dasar animasi, media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Tujuan peneliti dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu mengembangkan media yang sebelumnya menggunakan modul dan dikembangkan menjadi media pembelajaran interaktif yang berbasis multimedia.

Model penelitian yang digunakan adalah model Five D dari Moeljadi Pranata (2012) yaitu (1) define, (2) data, (3) design, (4) develop, dan (5) disseminate. Produk final diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 20 orang subjek uji coba kelompok besar yakni siswa kelas XI SMK Negeri 12 Malang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuisioner dengan jenis angket yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik persentase yang kemudian dikonversikan dengan tabel kriteria kelayakan.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk kegiatan untuk belajar mengajar di kelas dengan rerata 86.6 %. Dari validasi ahli materi dihasilkan rerata 92.5 %. Selain uji validasi, uji coba lapangan juga menunjukan hasil positif dengan persentase 93.25 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. Pengembangan ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia tentang kompetensi 12 prinsip animasi untuk siswa kelas XI multimedia di SMK dengan spesifikasi sebagai berikut: (a) menggunakan software Adobe Flash CS4, (b) isi produk : materi 12 prinsip dasar animasi, gambar prinsip dasar animasi, contoh animasi 12 prinsip dasar, dan video prinsip dasar animasi, (c) teknik computerized, (d) pemaparan secara runtut sistematis, (e) pewarnaan full color, (f) menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, dan (g) dikemas dalam bentuk CD (digital).

 

Berdasarkan hasil pengembangan, dapat disarankan bagi pengembang produk yang sama, agar dapat dilakukan dengan uji coba secara berulang-ulang pada subjek yang lebih besar dan diharapkan pengembang selajutnya dapat mengembangkan media dengan kompetensi selanjutnya dari teknik animasi 2D.