Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN BUKU PANDUAN SCRAPBOOK “DO IT YOURSELF” UNTUK MENANAMKAN SIKAP ENTREPRENEURSHIP BAGI PURNA TKI

Ratna Rahmayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmayanti, Ratna. 2014. Perancangan Buku Panduan Scrapbook “Do It Yourself” untuk Menanamkan Sikap Entrepreneurship Bagi Purna TKI. Skripsi. Jurusan Seni Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn

 

Kata Kunci : Perancangan, scrapbook “do it yourself”, buku panduan, kerajinan, industri kreatif, wirausaha, peluang usaha, TKI.

Purna TKI umumnya memiliki keterbatasan untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki, antara lain disebabkan latar belakang rendahnya faktor pendidikan, motivasi dan keterampilan serta kesempatan memperoleh pembinaan teknis di luar persiapan sebagai TKI. Kurangnya pembinaan serta pelatihan untuk para purna TKI sangat disayangkan mengingat mereka memiliki potensi dan pengalaman baik secara mental maupun fisik.

Adanya pelatihan serta pembekalan dini tentang bagaimana membuka peluang kerja atau berwirausaha akan sangat penting bagi purna TKI sehingga diharapkan mereka juga akan dibekali pengetahuan tentang industri kreatif sebagai bekal dalam berwirausaha. Dengan adanya perancangan ini diharapkan mampu menumbuhkan budaya entrepreneurship bagi purna TKI serta membantu meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam membuat ketrampilan yang termasuk dalam industri kerajinan ekonomi kreatif.

Metode perancangan dalam perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Pengumpulan data menggunakan data pustaka, karena pengambilan datanya didapat dari buku dan internet kemudian data lapangan melalui kegiatan observasi.

Perancangan ini menghasilkan media buku panduan scrapbook “do it yourself” yang di dalamnya berisi pengenalan dasar industri kreatif yang merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, selain itu terdapat pula materi mengenai entrepreneurship yang dapat memberikan bekal pengetahuan dalam berwirausaha serta di lengkapi dengan tutorial kerajinan yang nantinya akan di praktekan dalam program pembinaan oleh Disnakertrans.

Buku panduan scrapbook “do it yoursel” ini dapat menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan banyaknya Tenaga Kerja Indonesia yang sudah purna dan perlu bimbingan dalam pemberdayaan pelatihan berkaitan dengan peluang usaha mandiri untuk menjadikan masyarakat lebih produktif dan dapat memulai sebuah usaha mandiri.