Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita bergambar tentang Panduan Do’a Sehari – hari untuk Anak Didik Taman Pendidikan Al – Qur’an usia 6 – 8 tahun

atika fadhila kusumadewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Keberadaan Taman Pendidikan Al – Qur’an dinilai sebagai salah satu upaya penting untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai – nilai Al – Qur’an kepada anak – anak. Salah satu pelajaran utama yang ada di setiap Taman Pendidikan Al – Qur’an  adalah mempelajari do’a sehari – hari. Kegiatan ini sebagai pembelajaran kepada anak didik untuk senantiasa bersyukur dan meminta perlindungan Allah SWT. Tak hanya itu, kegiatan ini diharapkan membentuk karakter anak menjadi seseorang yang berakhlak mulia. Akhlak mulia inilah yang dapat membentuk perilaku anak. Namun, banyak Taman Pendidikan Al – Qur’an yang guru – gurunya  hanya menyampaikan do’a secara lisan tanpa media pengajaran.Tujuan dari perancangan ini ialah Menghasilkan Buku Cerita Bergambar Tentang Panduan Do’a Sehari – hari untuk Anak Didik usia 6 – 8 tahun dalam upaya untuk menunjang pembelajaran do’a di Taman Pendidikan Al – Qur’an agar lebih optimal.

Model perancangan yang digunakan dalam perancangan buku cerita bergambar tentang Panduan do’a sehari – hari untuk anak didik Taman Pendidikan Al – Qur’an usia 6 – 8 tahun ini adalah model perancangan prosedural dimana menggunakan langkah-langkah yang sistematis, terstruktur, berurutan dan logis untuk menghasilkan produk.

Perancangan ini menghasilkan buku cerita bergambar dengan judul “Ayo berdo’a bersama Ali”. Buku cerita bergambar ini berisikan panduan do’a sehari – hari yang dikemas dalam cerita sederhana rutinitas seekor kucing bernama “Ali”. Di dalam buku ini juga terdapat tuntunan akhlak, tuntunan adab, dan permainan edukatif. Buku ini diharapkan menjadi media yang efektif untuk menunjang pembelajaran tentang do’a di Taman Pendidikan Al – Qur’an. Sehingga mampu mencetak generasi muslim cilik yang jago berdo’a dan berakhlak mulia.