Tugas Akhir Jurusan Seni dan Design - Fakultas Sastra UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MAKNA RAGAM GERAK TARI HADRAH KUNTULAN KARYA SUMITRO HADI DI DESA GLADAG KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI

Asri Martini

Abstrak


ABSTRAK

Martini, Asri. 2014. Makna Ragam Gerak Tari Hadrah Kuntulan Karya Sumitro Hadi di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Ida Siti herawati A., M.Pd, (II)  Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si.

 

Kata kunci : makna, ragam gerak, Hadrah Kuntulan, Banyuwangi.

 

Tari sebagai ekspresi manusia yang bersifat estetis merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia di masyarakat yang penuh makna. Tari terdiri atas ragam gerak yang tersusun dan memiliki sebuah makna didalamnya. Tari Hadrah Kuntulan karya Sumitro Hadi di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi merupakan hasil akulturasi budaya yang unik. Dalam dunia pendidikan banyak guru tari yang mengajarkan tari hanya sebatas mencontohkan gerak tanpa menyampaikan pesan makna yang terkadung di dalam tarian, hasilnya para murid hanya mampu menari tanpa mendapat sebuah nilai pendidikan yang mendasar. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana ragam gerak dan makna ragam gerak yang terkandung di dalam tari Hadrah Kuntulan di Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, dan triangulasi metode.

Penelitian ini menunjukan hasil tentang ragam gerak dan makna ragam gerak tari  Hadrah Kuntulan. Ragam gerak tari Hadrah  terbagi menjadi 4 ragam yaitu, ragam gerak I terdiri dari gerak langkah nyiji, langkah nyiji sagah, gebyaran, turun jongkok, hormat I, dan salam. Ragam gerak II terdiri dari gerak slewahan, do’a, gebyaran, langkah mlaku liwungan, gejigan,dan pencakan. Ragam gerak III terdiri dari gerak igelan pundak, lompat ngeber kanan kiri, ngayun ngeber bawah, ukelan liwung atas, gebyaran, dan pencakan, yang terakhir ragam gerak IV terdiri dari gerak jurus, hormat II, dan gebyaran. Makna yang terkandung di dalam ragam gerak dalam tari Hadrah Kuntulan meliputi hubungan manusia dengan Allah SWT (habluminnallah) berupa amalan untuk beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan hubungan manusia dengan sesama (habluminnanas) berupa amalan untuk bersikap baik terhadap sesama manusia dan mahluk ciptaan Allah SWT.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada seluruh pihak terutama para guru dan generasi muda untuk mengajar tari dan belajar menari disertai pemaknaan yang terkandung di dalamnya seperti yang terdapat pada Tari Hadrah Kuntulan, karena dengan belajar makna tarian selain mendapat pengalaman menari juga dapat menanamkan nilai pendidikan moral dan pendidikan karakter yang bisa diterapkan untuk diri sendiri maupun orang lain.

 

ABSTRACT

Martini, Asri. 2014. Meaning Motion Variety Hadrah Kuntulan’s Dance Sumitro Hadi’s Creation in the Rogojampi Gladag Banyuwangi. Essay, Department of Art and Design, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: (I) Dra. Hj. Siti herawati Ida A., M. Pd (II) Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Si.

 

Keywords: meaning, types of motion, Hadrah Kuntulan, Banyuwangi.

 

Dance as human expression that aesthetically is an integral part of human life in society is full of meaning. Dance consists of a variety of motion that composed and has a meaning in it. Hadrah Dance Kuntulan which Sumitro Hadi created in the Gladag Rogojampi Banyuwangi district is a result of acculturation. In the dance education, many teachers who teach dance merely exemplifies the motion without meaning of the dance, the results of the students are only able to dance without getting an education is a fundamental value. The problem was taken in this study is how the meaning of a wide range of motion and motion contained inside Hadrah Kuntulan dance in the Village District of Rogojampi Gladag Banyuwangi.

This study used a qualitative approach and descriptive research. Data was collected by observation, interviews, and documentation. The process of data analysis starts from the stage of data collection, reduction stage, stage presentation of data, and drawing conclusions stage. Checking the validity of the data is done by triangulation of sources, and triangulation methods.

This study shows the results of a wide range of motion and meaning of dance movement Hadrah Kuntulan. Variety dance Hadrah is divided into 4 wide, range of motion I consists of motion langkah nyiji, langkah nyiji sagah, gebyaran, turun jongkok, hormat I, dan salam. Range of motion II consists of motion slewahan, do’a, gebyaran, langkah mlaku liwungan, gejigan,dan pencakan.. Range of motion III consists of gerak igelan pundak, lompat ngeber kanan kiri, ngayun ngeber bawah, ukelan liwung atas, gebyaran, dan pencakan,, the last is range motion IV, it consisting of gerak jurus, hormat II, and gebyaran. Meaning contained in the range of motion in Hadrah Kuntulan dance is include man's relationship with Allah (habluminnallah) form of practice for the faithful and devoted to God, and man's relationship with others (habluminnanas) in the form of deeds to be kind to fellow humans and creatures of God SWT.

Based on these results, the authors suggest to all parties, especially the teachers and young people to teach dance and learn dance with its inherent meaning as contained in Hadrah Kuntulan Dance, because by learning the meaning of dance in addition got dancing experience can instill the value of education moral and character education that can be applied to self or others.