Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN, FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PROGRAM KEAHLIAN PEMESINAN SMK NEGERI 1 SINGOSARI

Budi Setiya Handoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Handoko, Budi S. 2010. Hubungan Hasil Belajar Mata Diklat Kewirausahaan, Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Minat Berwirausaha Siswa Program Keahlian Pemesinan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1)Drs. H. Paryono, S.T., M.T, (2) Drs. Partono, M.Pd.

 

Kata kunci: hasil belajar, faktor internal, faktor eksternal, minat berwirausaha.

Minat berwirausaha adalah suatu rasa lebih suka, rasa keterikatan siswa yang diikuti dengan usaha aktif untuk mempelajari dan mendapatkan pengalaman untuk berwirausaha. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada mata diklat kewirausahaan. Hasil belajar diukur dengan 3 ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal meliputi karakteristik SDM dan kepribadian, sedangkan faktor eksternalnya meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan secara parsial maupun simultan hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktorinternal dan eksternal dengan minat berwirausaha.

Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi dan untuk menemukan ada tidaknya suatu hubungan tentang variabel-variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari sejumlah 178 siswa dan digunakan sebagai sampel sebanyak 60 siswa. Analisis untuk mencari hubungan baik secara parsial dan simultan hasil belajar mata diklat kewirausahaan (X1), faktor internal (X2) dan faktor ekternal (X3) dengan minat berwirausaha (Y) menggunakan bantuan program SPSS 16.00 For Windows.

Dari hasil penelitian ini diketahui: (1) Hasil belajar mata diklat kewirausahaan siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan sig t (0,003) < α(0,05) dan thitung = 3,100 > ttabel = 2,003. (2)  Fakor internal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig t (0,003) < α(0,05) dan thitung = 3,113 > ttabel = 2,003. (3) Fakor eksternal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari mempunyai hubungan yang signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig t (0,007 < α(0,05) dan thitung = 2,808 > ttabel = 2,003. (4) Hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosarisecara bersama-sama berpengaruh positif signifikan dengan minat berwirausaha dengan nilai sig F (0,000)< α (0,05) dan Fhitung=30,042 > Ftabel=2,769.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari skripsi ini yaitu ada hubungan yang signifikan hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal dengan minat berwirausaha siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari serta ada hubungan secara simultan antara hasil belajar mata diklat kewirausahaan, faktor internal dan eksternal dengan minat  berwirausaha siswa program keahlian pemesinan SMK Negeri 1 Singosari.

Dari penelitian ini dapat disarankan: (1) Kepada Kepala Sekolah dapat memberikan fasilitas bagi siswa untuk mengembangkan minat berwirausaha siswa. (2) Kepada Guru Kewirausahaan agar lebih banyak memberikan praktek lapangan agar siswa dapat memiliki pengalaman dalam mengelolah dan mengembangkan sebuah usaha. (3) Kepada Orang tua hendaknya bisa memberikan motivasi dan dukungan kepada putra/putrinya dalam berwirausaha, dengan menghapus asumsi bahwa siswa harus menjadi seorang karyawan dalam sebuah perusahaan.

 

ABSTRACT

 

Handoko, Budi S. 2010. Foreign Relations Learning Outcomes Entrepreneurship  Training, Internal and External Factors Interest in Entrepreneurship   Students With Skills Program Machining SMK Negeri 1 Singosari. Thesis,             Educational Studies Program Mechanical Engineering Department of                     Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisors: (1) Drs. H. Paryono, S.T., M.T, (2) Drs. Partono, M.Pd.

 

Keywords: learning outcomes, internal factors, external factors, interest.

Interest in entrepreneurship is a taste more like, a sense of attachment to the students, followed by an active effort to learn and gain experience for entrepreneurship. Learning outcomes is the change in student behavior after participating in the learning process in the eyes of entrepreneurship education and training. Learning outcomes were measured with three domains are cognitive, affective, and psychomotor. Interest in entrepreneurship is influenced by two factors: internal and external factors. Internal factors include human resources and personality characteristics, while external factors include a family environment and school environment. The purpose of this study is to investigate the relationship partially or simultaneously learning outcomes eye entrepreneurship training, and external faktorinternal with interest in entrepreneurship.

This study used a descriptive correlational method of research that aims to obtain a description and to discover the presence or absence of a relationship of variables is predetermined. This study also uses a quantitative approach. The population in this study is the student program of machining expertise SMK Negeri 1 Singosari some 178 students and is used as a sample of 60 students. Analysis to look for a good relationship partially and simultaneously learning outcomes of entrepreneurship education and training (X1), internal factors (X2) and external factors (X3) with an interest in entrepreneurship (Y) using SPSS 16:00 For Windows.

From the results of this study determine: (1) The student studying entrepreneurship training program subject machining expertise SMK Negeri 1 Singosari have a significant relationship with interest in entrepreneurship with sig t (0,003) = 2.003 ttable . (2) internal Fakor machining skills program students of SMK Negeri 1 Singosari have a significant relationship with interest in entrepreneurship with sig t (0,003) ttable = 2.003. (3) External factors engineering expertise of the program students of SMK Negeri 1 Singosari have a significant relationship with interest in entrepreneurship with sig t (0.007 ttable = 2.003. (4) The study of entrepreneurship education and training, internal and external factors engineering expertise program students of SMK Negeri 1 Singosari for jointly significant positive influence with an interest in entrepreneurship with sig F (0,000) Ftable = 2.769.

The conclusion that can be drawn from this thesis that there is significant correlation between the results of studying entrepreneurship education and training, internal and external factors with students' interest in entrepreneurship skills program SMK Negeri 1 Singosari machining and simultaneous correlation between the results of studying the of entrepreneurship education and training, internal and external factors with interest in student entrepreneurship programs machining expertise SMK Negeri 1 Singosari.

From this research for the opinion: (1) To the Head of School to provide facilities for students to develop student interest in entrepreneurship. (2) To the Master Entrepreneurship to give more field practice for students to have experience in manage and develop a business. (3) To the Parents should be able to give motivation and support to the son / daughter in entrepreneurship, by removing the assumption that students must be an employee in a company.