Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Speedspark Open Looper terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Yamaha NMAX 155

Koirudin Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

Koirudin, Ahmad. 2019. PengaruhPenggunaanSpeedspark Open LooperterhadapDayadanKonsumsiBahanBakarpadaSepeda Motor Yamaha NMAX 155. Skripsi. JurusanTeknikMesin. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. Sumarli.,M,Pd., M.T. (II) Drs. Imam MudaNauri., ST., M.T.

Kata Kunci:speedspark open looper, daya, konsumsibahanbakar

Saat ini hampir semua sepeda motor baru yang dijual oleh produsen sepeda motor telah menggunakan sistem injeksi dengan tipe kontrol close loop (ada umpan balik dari hasil/keluaran untuk menyesuaikan kembali suatu sistem pengontrolan) dalam hal ini umpan balik yang dimaksud adalah kadar O2 dari proses pembakaran yang dikoreksi oleh O2 sensor. Pemakaianpiggybacksemacamfuel controllerataufuel adjustermisalnya di rentang rpm rendahpada mode Close Loopmenjadikurangefektifkarena ECU akanberusahamengatur debit bahanbakarberdasarkanmasukandari O2 sensor meskipiggybackjugaberusahauntukmengkoreksinya.Speedspark open looper berfungsi membuat ECU bekerja dalam mode Open Loop.Speedspark open loopadalahsuatualat yang prinsipkerjanyamemanipulasi O2 sensor di mana ECU bekerjatidakmengacupadamasukandariOxygen (O2) sensor.Denganmenggunakanspeedspark open looperkinerja mesin yang lebih stabil tanpa terpengaruh masukan dari O2 sensor sehingga ECU bisa bekerja pada mode Open Loop.

Padapenelitianinibertujuanuntuk

(1) mengetahuiperbedaandayaantarasepeda motor yang standardengan yang menggunakanspeedspark open looper

(2)mengetahuiperbedaankonsumsibahanbakarantarasepeda motor yang standardengan yang menggunakanspeedspark open looper.

Metodepeneletian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodetrue eksperimentaldenganmenggunakanujianalisis data paired sample t testdenganprasyarat data tersebuttelahdiujinormalitas. Analisispaired sample t testmeliputipenjelasantentangseberapabesarperbedaanpenggunaanspeedspark open looperjikadibandingkandengankondisi yang standarterhadapdayadankonsumsibahanbakarpadasepeda motor. Penelitianinidilakukan di AHASS Asia Motor Pakisajidenganpengambilan data padaputaranmesin 4000 – 8500 rpm dengankelipatan 500 rpm.

Berdasarkanhasilpenelitian, kesimpulandaripemasanganspeedspark open loopermemberikanefekterhadapdayadankonsumsibahanbakarsepeda motor. Daya yang dihasilkan dengan menggunakan speedspark open loopermemberikan rata-rata presentasepeningkatansebesar 5,5% daripadakondisistandar. Peningkatan daya tertinggi terjadi pada putaran mesin 7500 rpm padapenggunaanspeedspark open looper 10,1% daripada kondisi standar.Konsumsi bahan bakar pada yang menggunakan speedspark open looper cenderung meningkat (lebih boros) yang menandakan komposisi bahan bakar dan udara lebih kaya atau terjadi penurunan afr dari dengan rata-rata presentase peningkatan secara keseluruhan sebesar 2,8 % daripada kondisi standar.

Bagi masyarakat penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang meningkatkan daya motor tanpa melakukan bore up dengan memanipulasi O2 sensor yang dapat meningkatkan daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha NMAX 155.Bagipeneliti, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan bacaan mengenai bidang otomotif khususnya informasi tentang  pengaruh penggunaan speedspark open looper terhadap daya dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor Yamaha Nmax 155.BagiMahasiswa, penelitianinidiharapkandapatdijadikanrujukandalamkegiatanbelajarmengenaipengaruhpenggunaanspeedspark open looperterhadapdayadankonsumsibahanbakar yang dihasilkanpadasepeda motor Yamaha Nmax 155.

ABSTRACT

Koirudin,Ahmad.2019.TheEffectofUseSpeedsparkOpenLooperonthePowerandFuelConsumptiononYamahaNMAX155Motorcycle.UndergraduateThesis.Departementofmechanicalengineering.FacultyofEngineering.StateUniversityofMalang.Advisor:(I)Drs.Sumarli.,M,Pd.,M.T.(II)Drs.ImamMudaNauri.,ST.,M.T.

Keywords:speedsparkopenlooper,power,fuelconsumption

Atpresentalmostallnewmotorcyclesoldbymotorcyclemanufacturershaveusedinjectionsystemswithcloseloopcontroltypes(thereisfeedbackfromtheresults/outputtoreadjustacontrolsystem)inthiscasetheintendedfeedbackistheO2contentofthecombustionprocesscorrectedbytheO2sensor.Usingpiggybacksuchasafuelcontrollerorfueladjuster,forexampleinthelowrpmrangeinCloseLoopmode,isnoteffectivebecauseECUwilltrytoregulatefuelflowbasedoninputfromtheO2sensoreventhoughpiggybackisalsotryingtocorrectit.ThespeedsparkopenloopermakesECUworkinOpenLoopmode.SpeedsparkopenlooperisatoolwhoseprincipleworkstomanipulatetheO2sensorwheretheECUworksdoesnotrefertotheinputoftheOxygen(O2)sensor.ByusinganspeedsparkopenloopertheengineperformanceismorestablewithoutbeingaffectedbyinputfromtheO2sensorsothattheECUcanworkinOpenLoopmode.

Thisstudyaimsto

(1)findoutthedifferenceinpowerbetweenstandardYamahaNMAXmotorcycleandthoseusingthespeedsparkopenlooper

(2)findoutthedifferenceinfuelconsumptionbetweenstandardmotorcyclesandthoseusingspeedsparkopenlooper.

Theresearchmethodusedinthisstudyisanexperimentalmethodbyusingapairedsamplettestdataanalysistestwiththeprerequisitethatthedatahasbeentestedfornormality.Pairedsamplettestanalysisincludedanexplanationofhowmuchdifferencetheuseofspeedsparkopenloopercomparedtothestandardconditionsforpowerandfuelconsumptiononmotorcycle.ThisresearchwasconductedatAHASSAsiaMotorPakisajiwithdataretrievalatenginespeed4000-8500rpminmultiplesof500rpm.

Basedontheresultsofthestudy,theinstallationofanspeedsparkopenlooperhasaneffectonthepowerandfuelconsumptionofmotorcycle.Thepowerproducedonusinganspeedsparkopenloopergivesanaveragepercentageincreaseof5.5%comparedtostandard.Thehighestpowerincreaseoccursat7500rpmenginespeedontheuseofopenlooperspeedspark10.1%ofstandardconditions.Fuelconsumptiononthatusesanspeedsparkopenloopertendstoincrease(morewasteful)whichindicatesthecompositionofthefuelandairisricherorthereisadecreaseinafrfromtheaveragepercentageincreaseof2.8%ratherthanthestandardconditions.

Forthecommunity,itishopedthatthecommunitycanprovideinformationaboutincreasingmotorpowerwithoutboreupbymanipulatingO2sensorsthatcanincreaseenginepowerandfuelconsumptiononYamahaNMAX155motorcycle.Forresearchers,thisresearchisexpectedtobeusedasareferenceandreadingabouttheautomotivefield.especiallyinformationabouttheeffectofusinganspeedsparkoppenlooperonthepowerandfuelconsumptionproducedonaYamahaNMAX155motorcycle.Forstudents,thisresearchisexpectedtobeusedasareferenceinlearningactivitiesregardingtheeffectoftheuseofspeedsparkopenlooperonthepowerandfuelconsumptionproducedonYamahaNmax155motorcycle.