Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Koirudin, Ahmad. 2019. Pengaruh Penggunaan Speedspark Open Looper terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Yamaha NMAX 155. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang

Ahmad Koirudin

Abstrak


Saat ini hampir semua sepeda motor baru yang dijual oleh produsen sepeda motor telah menggunakan sistem injeksi dengan tipe kontrol close loop (ada umpan balik dari hasil/keluaran untuk menyesuaikan kembali suatu sistem pengontrolan) dalam hal ini umpan balik yang dimaksud adalah kadar O2 dari proses pembakaran yang dikoreksi oleh O2 sensor. Pemakaian piggyback semacam fuel controller atau fuel adjuster misalnya di rentang rpm rendah pada mode Close Loop menjadi kurang efektif karena ECU akan berusaha mengatur debit bahan bakar berdasarkan masukan dari O2 sensor meski piggyback juga berusaha untuk mengkoreksinya. Speedspark open looper  berfungsi membuat ECU bekerja dalam mode Open Loop. Speedspark open loop adalah suatu alat yang prinsip kerjanya memanipulasi O2 sensor di mana ECU bekerja tidak mengacu pada masukan dari Oxygen (O2) sensor. Dengan menggunakan speedspark open looper kinerja mesin yang lebih stabil tanpa terpengaruh masukan dari O2 sensor sehingga ECU bisa bekerja pada mode Open Loop.Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan daya antara sepeda motor yang standar dengan yang menggunakan speedspark open looper (2) mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar antara sepeda motor yang standar dengan yang menggunakan speedspark open looper.Metode peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimental dengan menggunakan uji analisis data paired sample t test dengan prasyarat data tersebut telah diuji normalitas. Analisis paired sample t test meliputi penjelasan tentang seberapa besar perbedaan penggunaan speedspark open looper jika dibandingkan dengan kondisi yang standar terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor. Penelitian ini dilakukan di AHASS Asia Motor Pakisaji dengan pengambilan data pada putaran mesin 4000 – 8500 rpm dengan kelipatan 500 rpm. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan dari pemasangan speedspark open looper memberikan efek terhadap daya dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Daya yang dihasilkan dengan menggunakan speedspark open looper memberikan rata-rata presentase peningkatan sebesar 5,5% daripada kondisi standar. Peningkatan daya tertinggi terjadi pada putaran mesin 7500 rpm pada penggunaan speedspark open looper 10,1% daripada kondisi standar. Konsumsi bahan bakar pada yang menggunakan speedspark open looper cenderung meningkat (lebih boros) yang menandakan komposisi bahan bakar dan udara lebih kaya atau terjadi penurunan afr dari dengan rata-rata presentase peningkatan secara keseluruhan sebesar 2,8 % daripada kondisi standar.Bagi masyarakat penelitian diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang meningkatkan daya motor tanpa melakukan bore up dengan memanipulasi O2 sensor yang dapat meningkatkan daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha NMAX 155. Bagi peneliti, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan bacaan mengenai bidang otomotif khususnya informasi tentang  pengaruh penggunaan speedspark open looper terhadap daya dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor Yamaha Nmax 155. Bagi Mahasiswa, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam kegiatan belajar mengenai pengaruh penggunaan speedspark open looper terhadap daya dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan pada sepeda motor Yamaha Nmax 155.