Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nilai Praktik Kerja Lapangan dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Bagi Siswa Kelas XII Program TKRO SMK Negeri 2 Sampang

Muzakki . .

Abstrak


RINGKASAN

Muzaki. 2019. Pengaruh Nilai Praktik Kerja Lapangan Dan Praktik  Kewirausahaan  Terhadap  Minat Berwirausaha Bagi Siswa Kelas  XII Program TKRO  SMK Negeri 2 Sampang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Agus Sholah, M.Pd. (II) Windra Irdianto, S.Pd., M.Pd 

Kata Kunci: Nilai PKL, Praktik Kewirausahaan, Minat Berwirausaha.

Penelitian ini bertujuan untuk :

(1) Mengetahui pengaruh nilai PKL terhadap minat berwirausaha siswa

(2) Mengetahui pengaruh praktik kewirausahan terhadap minat berwirausaha siswa

(3) Mengetahui pengaruh nilai PKL kewirausahaan terhadaap minat berwirausaha siswa kelas XII program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomitif di SMK Negeri 2 Sampang. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto dengan subjek penelitian adalah seluruh Siswa yang berjumlah 53 siswa  kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Teknik  Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda.

Hasil dari penelitian ini adalah

(1) Nilai PKL memiliki pengaruh parsial terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII TKRO SMK Negeri 2 Sampang. Karena nilai signifikan dari variabel nilai PKL kurang dari 0,05 (0,005> 0,05)  menunjukkan efek parsial karena angka ini di bawah 0,05.

(2) Praktek kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha siswa di kelas XII TKRO SMK Negeri 2 Sampang. Karena nilai signifikannya adalah 0,005, artinya nilai signifikannya kurang dari 0,05 (0,005> 0,05) yang berarti ada pengaruh parsial.

(3) pengaruh antara nilai PKL dan Praktek Kewirausaha terhadap minat berwirausaha secara simultan adalah kuat, karena angka ini di atas 0,05 sedangkan R menunjukkan koefisien determinasi yang besar sebesar 38,1%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara nilai praktik kerja lapangan dan Praktik kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Negeri 2 Sampang.