Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Praktikum Pemesinan dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Minat Berwirausaha Di SMK PGRI 3 Malang

RIZKY ASTRIA AGUSTINA

Abstrak


Kata Kunci : praktikum pemesinan, praktik kerja lapangan, minat berwirausaha

 

Dilansir Sindo News, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 menyatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 5,13%. Jika dilihat dari tingkat pendidikannya, maka TPT terbesar berada pada level Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mencapai 8,92%. Pendidikan kejuruan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing secara global. Lulusan SMK yang terampil dan produktif sangat dibutuhkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan salah satunya dengan berwirausaha. Kompetensi praktikum pemesinan dan praktik kerja industri yang didapatkan peserta didik selama menempuh pendidikan SMK secara tidak langsung dapat menggugah pola pikir peserta didik dalam mengembangkan kesiapan berwirausahanya. Peserta didik akan terdorong minatnya untuk menekuni materi mata pelajaran tersebut dan terbuka dirinya untuk memperoleh rangsangan untuk mempunyai jiwa kewirausahaan, sehingga setelah lulus dari SMK peserta didik memiliki kesiapan menjadi seorang wirausahawan serta dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri dan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi praktikum pemesinan terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruh kompetensi praktik kerja lapangan terhadap minat berwirausaha, dan (3) pengaruh kompetensi praktikum pemesinan dan kompetensi praktik kerja lapangan terhadap minat berwirausaha.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK PGRI 3 Malang yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling adalah total sampling/sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan sumbangan prediktor. Uji hipotesis menggunakan nilai uji t (parsial) dan uji F (simultan)

Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa: (1) kompetensi praktikum pemesinan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha. Besarnya sumbangan masing-masing sub variabel yakni kompetensi praktikum bubut (X1.1) sebesar 8,89%; (b) kompetensi praktikum frais (X1.2) sebesar 8,07%; (c) kompetensi praktikum computer aided design (CAD) sebesar 9,62%; (d) kompetensi praktikum gambar teknik (X1.4) sebesar 11,91%; (2) kompetensi praktik kerja lapangan memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha. Besarnya sumbangan masing-masing sub variabel yakni: (a) kompetensi kompetensi sikap (X2.1) sebesar 7,31%; (b) kompetensi keterampilan (X2.2) sebesar 10,05%; (3) kompetensi praktikum pemesinan dan praktik kerja lapangan secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha.