Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISA CONTROLLER VVT-i PADA SISTEM VARIABLE VALVE TIMING WITH INTELLIGENCE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN VOKASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

risqi ilmi pranada

Abstrak


RINGKASAN

 

Pranada, Risqi Ilmi. 2018. Analisa Controller VVT-i pada Sistem Variable Valve Timing With Intelligence sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Vokasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Tugas Akhir, Diploma 3 Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Fuad Indra Kusuma, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: sistem VVT-i, timing katup intake, efesiensi bahan bakar

Variable Valve Timing Intelligence merupakan pengembangan  yang dilakukan oleh pabrikan Toyota sebagai terobosan tentang mekanisme katup. Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengertian dari controller pada teknologi VVT-i, mengetahui fungsi dari controller VVT-i, mengetahui cara kerja controller pada sistem VVT-i, serta mengetahui cara mengatasi kerusakan pada controller VVT-i.

Dalam penyelesaian laporan tugas akhir ini digunakan metode observasi, kepustakaan, interview, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data tugas akhir ini. Komponen-komponen sistem VVT-i tersebut adalah (a) Engine Control Unit (ECU), berfungsi menerima masukan dari sensor, (b) Air Flow Meter, berfungsi memeriksa aliran udara pada intake manifold, (c) Camshaft Position Sensor, berfungsi untuk mengetahui kedudukan camshaft, (d) Crankshaft Position Sensor, berfungsi memberitahu putaran mesin melalui pergerakan crankshaft, (e) Throttle Position Sensor, berfungsi mendeteksi terbukanya throttle valve pada throttle body, (f) Water Temperature Sensor, berfungsi mengetahui suhu air pendingin pada mesin, (g) Camshaft Oil Control Valve, berfungsi mengalirkan oli bertekanan ke VVT-i controller, (h) VVT-i Controller, berfungsi merubah timing terbukanya katup intake.

VVT-i merupakan sistem timing buka tutup intake valve dikontrol oleh ECU yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan mesin. Hal tersebut menjadikan suplai bahan bakar dan udara yang mengalir ke ruang bakar menjadi lebih efisien, serta menghasilkan power yang masimal, bahan bakar menjadi irit, dan tingkat emisi gas buang yang baik. Seperti yang dibuktikan dalam analisa yaitu: Torsi mesin mengalami kenaikan rata-rata 860,025 Nm, Daya mesin mengalami kenaikan rata-rata 2,05 kW, dan Konsumsi bahan bakar mengalami penurunan rata-rata 7,801 gr/kW-jam. Analisa yang disusun dalam media pembelajaran ini digunakan dalam pembelajaran praktikum ototronik. Agar tujuan pembelajaran yang dilakukan dapat tercapai, maka perlu memerhatikan beberapa tahapan yaitu: mereview materi pembelajaran, menentukan tujuan dan penggunaan media yang sesuai dalam pembelajaran.

Pranada, Risqi Ilmi. 2018. Analysis of VVT-i Controller on Variable Valve Timing System with Intelligence as Learning Media in Vocational Education in the Faculty of Engineering State University of Malang. Final Project, Diploma 3 Automotive Engineer, Faculty of Engineering, State University of Malang. Advisor: Fuad Indra Kusuma, S.Pd., M.Pd.

Keywords : VVT-i system, intake valve timing, fuel efficiency

Variable Valve Timing Intelligence is a development carried out by a Toyota manufacturer as a breakthrough about the valve mechanism. The writing of this final project report aims to describe the understanding of the controller on VVT-i technology, knowing the functions of the VVT-i controller, knowing how the controller works on the VVT-i system, and knowing how to deal with damage to the VVT-i controller.

In completing this final assignment report, the methods of observation, literature, interviews, and documentation are used to collect this final project data. The components of the VVT-i system are (a) Engine Control Unit (ECU), which functions to receive input from the sensor, (b) Air Flow Meter, functions to check the air flow at the intake manifold, (c) Camshaft Position Sensor camshaft position, (d) Crankshaft Position Sensor, functions to inform engine speed through the movement of the crankshaft, (e) Throttle Position Sensor, functions to detect open throttle valve at throttle body, (f) Water Temperature Sensor, functions to know the cooling water temperature on the engine ( g) Camshaft Oil Control Valve, functions to drain pressurized oil to the VVT-i controller, (h) VVT-i Controller, functions to change the opening time of the intake valve.

VVT-i is a timing system for the intake valve openings controlled by ECU which always adjusts to the needs of the engine. This makes the supply of fuel and air flowing into the combustion chamber more efficient, and produces maximum power, fuel becomes economical, and the level of exhaust emissions is good. As evidenced in the analysis, namely: Engine torque increased by an average of 860.025 Nm, Engine power increased by an average of 2.05 kW, and fuel consumption decreased by an average of 7.801 gr / kW-hour. The analysis compiled in this learning media is used in the learning of electronic practicum. In order for the learning objectives to be achieved, it is necessary to pay attention to several stages, namely: reviewing learning material, setting goals and using the appropriate media in learning.