Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Alat Uji Defleksi Dengan Beban Maksimal Satu Kilogram.

Ricky Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Ricky. 2018. Alat Uji Defleksi Dengan Beban Maksimal Satu Kilogram. Tugas Akhir. Program Studi D3 Teknik Mesin. Jurusan Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Avita Ayu Permanasari, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: lendutan, defleksi vertikal, defleksi horisontal

Didalam dunia pendidikan maupun industri, pembuatan alat untuk pengujian-pengujian yang dilakukan terhadap bahan dasar suatu alat/bahan sangat banyak dan bervariasi. Pada saat memproduksi alat, banyak industri menengah ke bawah yang membuat alat/benda tanpa melakukan pengujian terhadap bahan dasar yang dipakai. Hal ini sangat penting terutama dari segi kekuatan (strength) dan kekakuan (stiffness), dimana pada batang horizontal yang diberi beban secara lateral akan mengalami defleksi. Defleksi yang terjadi pada elemen-elemen yang mengalami pembebanan harus pada suatu batas yang diijinkan, karena jika melewati batas yang diijinkan, maka akan terjadi kerusakan.

Defleksi adalah perubahan bentuk pada balok atau batang yang ditinjau dari 1 dimensi akibat adanya pembebanan yang diberikan pada balok atau batang. Sumbu sebuah batang akan terdeteksi dari kedudukannya semula bila benda dibawah pengaruh gaya terpakai. Dengan kata lain suatu batang akan mengalami pembebanan transversal baik itu beban terpusat maupun terbagi merata akan mengalami defleksi. Defleksi ada 2 yaitu: Defleksi Vertikal (Δy) dan Defleksi Horisontal (Δx).

Alat uji defleksi terdiri dari beberapa bagian yaitu: (1) meja/alas yang berfungsi sebagai matras atau dudukan dari ragum dan poros, (2) penjepit/ragum yang berfungsi sebagai penjepit benda uji, (3) dial indicator berfungsi sebagai alat ukur dari benda yang diuji, (4) poros yang berfungsi sebagai tempat support dan dial indicator, dan (5) support  sebagai tempat dial indicator. Dari beberapa bagian itu memiliki perawatan dan pemeliharaan yang  berbeda. Perawatan yang dilakukan cukup sederhana, misalnya pembersihan dan pelumasan. Pembersihan dilakukan pada semua part dari alat uji defleksi, pelumasan dilakukan pada ragum dan poros.