Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Alat Pendorong Piston Rem untuk Mempermudah OH Rem dengan Mendaur Ulang Pad Rem Fortuner Sebagai Alat Servis Khusus Di Bengkel Otomotif

Nur Holis

Abstrak


Teknologi otomotif merupakan salah satu bidang yang perkembangan teknologinya selalu mengikuti tuntutan perkembangan zaman. Perkembangan teknologi otomotif didasarkan pada tiga hal pokok yaitu; kenyamanan, keamanan, dan ramah lingkungan. Sistem rem merupakan bagian dari sistem yang ada pada mobil untuk mencapai kenyamanan dan keamanan dalam berkendara

Overhaul (OH) merupakan suatu kata dalam bahasa inggris yang mempunyai arti pemeriksaan yang sangat teliti, jadi dapat kita kembangkan lagi tentang kegiatan pembongkaran komponen komponen kendaraan, kemudian diperiksa dengan sangat teliti agar didapat data-data yang valid, sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat atau sesuai. Jadi OH rem adalah suatu kegiatan pembongkaran rem pada kendaraan, dan kemudian komponen rem tersebut diperiksa dengan sangat teliti supaya didapat data-data yang valid sehingga langkah perbaikan selanjutnya dapat tepat serta masalah pada rem tersebut teratasi. SST adalah kependekan dari Special Service Tools yang mempunjyai bahasa Indonesia alat servis khusus. Peralatan servis khusus tersebut hanya digunakan untuk satu jenis pekerjaan tertentu yang tidak dapat dikerjakan dengan menggunakan peralatan standard bengkel, fungsi dari peralatan ini sudah jelas yakni mempermudah dan mempersingkat waktu dalam melakukan pekerjaan Overhaul rem.

Tugas Akhir Alat Pendorong Piston Rem yang memiliki Panjang poros baut 180mm, lebar alat (pad rem) 143.mm, diameter baut 12mm, daya tekan 16,9 kN. Dalam perancangan alat pendorong piston rem mempunyai fungsi paling utama  yaitu sebagai pendorong piston rem fortuner, kekuatan utama dalam sistem kerja sst tersebut ada di pad rem. Baut digunakan untuk proses penyambungan antara mur dan pad rem bekas fortuner, dimana proses penyambungan ini dapat dilakukan dengan sistem pengelasan pada bagian mur dengan poros baut yang akan disambung sesuai dengan diameter baut dan mur. Baut sebagai penggerak yang dimaksud untuk merubah gerak berputar menjadi gerak lurus.

Prosedur OH rem meliputi penggantian pad rem, pelepasan piston rem, pembongkaran silinder rem, pemeriksaan komponen rem piringan, perakitan silinder rem, pemasangan silinder. Peluang pemanfaatan alat pendorong piston rem ini direncanakan memiliki kemampuan tekan 16,9 kN. Adanya alat servis khusus rem ini dapat meningkatkan dan memudahkan proses over houl rem.

Dari hasil seluruh proses perancangan Alat Pendorong Piston Rem dapat disimpulakan  penulis dapat membuat sket rancangan yang merupakan proses awal dalam perancangan manfaktur, penulis dapat mengetahui kekuatan bahan dan ukuran komponen yang dibutuhkan dalam proses manufacturing, penulis dapat mengetahui cara pengerjaan komponen-komponen alat pendorong piston rem yang digunakan sebagai alah servis khusus di bengkel otomotif, dan total pembuatan alat pendorong piston rem ini sebesar Rp. 250.000, harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pabrikan/pasaran. Bagi pengguna alat pendorong piston rem ini dianjurkan untuk melakukan perawatan rutin agar umur dari alat ini lebih lama dan kuat