Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Rotor Wiper Sebagai Media Pembelajaran Di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Afisa Famila Islami

Abstrak


ABSTRAK

 

Islami, Afisa Famila. 2014.  Perancangan Rotor Wiper Sebagai Media Pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. H. Mardji M.Kes.

Perancangan Rotor Wiper

Sistem wiper merupakan bagian yang penting dari sistem yang ada pada mobil untuk mencapai kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pengemudi juga harus tau bagaimana sistem wiper pada mobil ini mulai bekerja.

Pengemudi biasanya bisa mengetahui komponen – komponen yang bermasalah ketika wiper dan washer tidak bekerja, sehingga mempercepat perbaikan. Sistem wiper terdiri dari baterai, kunci kontak, fuse, switch combination, washer, relay, motor wiper, tuas wiper, wiper arm, wiper blade, dan motor washer.

Fungsi komponen pada sistem wiper dan washer sebagai berikut: Baterai berfungsi sebagai sumber listrik. Kunci kontak berfungsi memutus dan menyambungkan tegangan listrik ke sistem wiper dan washer. Wiper fuse berfungsi mencegah arus berlebih ke sistem wiper dan washer. Switch wiper dan washer berfungsi menghubungkan arus listrik ke motor wiper atau motor washer. Relay intermittent berfungsi mengontrol aliran arus saat switch wiper pada posisi intermittent. Motor wiper berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi putar. Tuas wiper berfungsi mengubah gerak putar menjadi gerak bolak-balik. Lengan wiper berfungsi menyalurkan gerak bolak balik ke wiper blade. Wiper blade berfungsi menghapus kotoran pada kaca. Motor washer berfungsimenghisap air dari tangki  dan menekan ke washer. Washer berfungsi mengubah cairan washer menjadi butiran air yang menyemprot ke kaca.