Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENERAPAN JOBSHEET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 10 MALANG

Farid Bagus Romansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Romansyah, Farid Bagus. 2017. Pengaruh Penerapan Jobsheet terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Peserta Didik Kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd., (II) Drs. Eddy Rudiyanto, M.Pd.

 

Kata kunci : jobsheet, prestasi belajar, sepeda motor, SMK

 

Penggunaan  media berpengaruh dalam  prestasi  belajar  peserta  didik. Dalam  penelitian ini diharapkan penggunaan media berupa jobsheet dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui prestasi belajar Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor peserta didik yang menggunakan jobsheet dan yang tidak menggunakan jobsheet di SMK Negeri 10 Malang, 2) mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan jobsheet dan tanpa penggunaan jobsheet Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Negeri 10 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Design. Subjek penelitian meliputi seluruh siswa kelas X jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Malang yang berjumlah dua kelas, yaitu MA dan MB. Kelas MA berjumlah 36 siswa dan MB berjulah 36 siswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu tes. Dalam analisis data, langkah yang harus dilakukan adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasikan data tiap variabel yang diteliti, dan melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah.

Dari tes kemampuan akhir (post-test) mata diklat Melakukan Pekerjaan Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor, pengolahan data secara SPSS diketahui bahwa untuk siswa kelas kontrol skor rata-rata (mean) yang dicapai adalah 62,44, skor tengah (median) sebesar 59, modus sebesar 61,96, dan simpangan baku sebesar 5,79. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen skor rata-rata (mean) yang diraih adalah sebesar 71,72, skor tengah (median) sebesar 70, modus sebesar  70,43, dan simpangan baku sebesar 5,53. Melihat hasil perhitungan yang dilakukan, mean, median, dan modus siswa yang mendapat perlakuan menggunakan media pembelajaran berupa jobsheet lebih tinggi dibandingkan  dengan  siswa  yang  tidak  mendapatkan perlakuan menggunakan media berupa jobsheet. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan mean, median, dan modus prestasi belajar Praktik Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor peserta didik yang menggunakan job sheet dan yang tidak menggunakan job sheet. Karena p < 0,05, maka H0 ditolak atau kedua populasi tidak sama. Sedangkan berdasarkan tabel, nilai t untuk df = n - 2 = 72 – 2 = 70 adalah 1,994, thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Sehingga terbukti bahwa penggunaan jobsheet mempengaruhi hasil belajar ranah psikomotor dan membuat perbedaan antara kelas yang menggunakan jobsheet (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan jobsheet (kelas kontrol).