Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal dengan Menggunakan Program ITEMAN Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Produktif, Nomatif, Adaptif Kelas X Teknik Mesin SMK Tekstil Pandaan.

Muhammad Chudori Azhar, Muhammad Chudori Azhar

Abstrak


ABSTRAK

 

Azhar, Muhammad Chudori. 2017. Analisis Butir Soal dengan Menggunakan Program ITEMAN Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Produktif, Nomatif, Adaptif Kelas X Teknik Mesin SMK Tekstil Pandaan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis butir soal, program iteman, validitas isi dan konstruk

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS semester gasal kelas X Teknik Pemesinan SMK Tekstil Pandaan yang meliputi; (a) reliabilitas, (b) tingkat kesukaran, (c) daya beda, (d) efektivitas pengecoh, (e) validitas isi dan konstruk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) validitas butir soal ulangan akhir semester gasal mata pelajaran produktif, normatif, dan adaptif  SMK Tekstil Pandaan kelas X tahun pelajaran 2016/2017 termasuk soal yang berkualitas baik karena jumlah persentase keseluruhan soal yang valid lebih dari 50% kecuali mata pelajaran BTQ, Fisika, dan Tekmek; (2) dari segi reliabilitas menunjukkan nilai keajegan yang tinggi; (3) tingkat kesukaran soal secara keseluruhan memiliki tingkat kesukaran sedang kecuali soal BTQ; (4) berdasarkan daya pembeda secara keseluruhan soal UAS SMK Tekstil memiliki daya beda baik karena secara keseluruhan memiliki daya beda baik lebih dari 50%, kecuali pada soal fisika; dan (5) Pengecoh soal secara keseluruhan sudah berfungsi dengan sangat baik kecuali soal BTQ yang memiliki persentase ketidakberfungsian distractor sebanyak 64%. Soal memenuhi validitas logis yang terdiri atas validitas isi dan validitas konstruk.