Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENAMBAHAN VELOCITY STACK PADA KARBURATOR TERHADAP DAYA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA MEGAPRO

Ferdi Ringga Lana Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Ferdi Ringga Lana. 2017. Pengaruh Penambahan Velocity Stack pada Karburator terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Megapro. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci : velocity stack, daya, konsumsi bahan bakar

Velocity Stack merupakan suatu alat yang berbentuk seperti terompet yang ditempatkan pada saluran udara masuk sebelum karburator, yang berfungsi untuk memperlancar aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar dengan maksud untuk mengurangi efek kerugian udara masuk atau disebut efek Vena Contracta serta aliran udara yang masuk akan semakin lembut dan tekanan udara semakin meningkat.

Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen, dimana variabel bebasnya adalah pemasangan velocity stack pada saluran masuk dan variabel terikatnya adalah daya dan konsumsi bahan bakar yang diperoleh dengan menggunakan dynotest dan gelas ukur di laboratorium AHASS Asia Sulfat. 3500 – 8500 rpm putaran mesin dengan kenaikan 1000 rpm untuk setiap pengamatan digunakan untuk mendapatkan data, kemudian statistik parametrik dengan menggunakan metode paired sample t test digunakan untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 20 untuk windows.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut pemasangan velocity stack dapat memberikan efek positif terhadap daya dan konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Megapro.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Honda Megapro standar yaitu 1,44 Hp pada putaran 3500 rpm, sedangkan daya yang menggunakan Velocity Stackmenghasilkan daya sebesar 2,19 Hp. Pada putaran 8500 rpm daya Honda Megapro standar menghasilkan daya sebesar 13,83 Hp, sedangkan daya yang menggunakan Velocity Stack menghasilkan daya sebesar 14,26 Hp. Untuk konsumsi bahan bakar menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar mesin Honda Megapro yang menggunakan velocity stack  lebih irit jika dibandingkan dengan mesin standar.

Dengan meningkatnya daya setelah pemasangan velocity stack pada rpm 3500 hingga 8500 maka akselerasi mesin akan semakin tinggi, sehingga putaran tinggi akan mudah dicapai dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pada putaran tinggi lebih singkat maka penggunaan Bahan bakar semakin lebih baik.

 

ABSTRACT

Saputra, Ferdi Ringga Lana. 2017.The Effect of Velocity Stack Instalation on Carburator towards Power and Fuel Consumption of Honda Megapro. Undergraduate Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Drs. H. Paryono, S.T., M.T. (II) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M.

 

Keywords: velocity stack, power, fuel consumption

Velocity Stack is a trumpet like shaped equipment placed on carburetor air inlet working for accelerating the air flow to combustion chamber. It is intended to decrease the air flow losses throught air inlet, namely , vena contracta effect, therefore, it can make smoother air flow and increase the air pressure.

Direct experimental research was conducted by appliying velocity stack on air inlet, and the effect on both power and fuel consumption were analyzed by using dynotest and graduated cylinder provided by AHASS Asia Sulfat Laboratory. The observations was done at engine rotation of 3500 – 8500 rpm with the increment of 1000 rpm for each observation stage. Subsequently, parametrical statistics using paired sample t test method assisted by SPSS 20 was used to analyze the data.

Based on the result, velocity stack instalation can provide the positive effect on power and fuel consumption of Honda Megapro Motor. The power resulted by both carburetor with and without velocity stack at 3500 rpm are 2.19 and 1.44 HP. At the highest engine rotation of 8500 rpm, the power resulted from both carburator with and without velocity stack are 14.26 and 13.83 HP, respectively. The fuel consumption of velocity stack – installed engine is more efficient than the standard one.

 

By the power improvement at rotation range of 3500 – 8500 rpm on engine with velocity stack instalation will be also improved, thus, high rotation can be easilly reached in a shorter time, therefore, the fuel consumption will be more efficient.