Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Venturi dan Pompa Pengaya Karburator dengan Engine Stand Mesin Sepeda Motor Automatic untuk Praktek pada Prodi D3 Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin

Aldi Yudha Agusta

Abstrak


ABSTRAK

 

Agusta, Aldi Yudha. 2017. Perancangan Venturi dan Pompa Pengaya Karburator dengan Engine Stand Mesin Sepeda Motor Automatic untuk Praktek pada Prodi D3 Teknik Otomotif Jurusan Teknik  Mesin. Tugas Akhir, Diploma 3 Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Drs. Paryono S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Venturi dan Pompa Pengaya Karburator.

Semakin berkembangnya zaman, kenyamanan berkendara semakin menjadi prioritas utama bagi siapapun. Sepeda motor automatic menjadi pilihan Karena dianggap lebih praktis dan mudah untuk dikendarai.

karburator adalah suatu alat untuk mengatur jalannya bahan bakar mobil dan sepeda motor. Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya, dalam pipa ini udara bergerak menuju intake manifold menuju kedalam ruang bakar. Pipa ini berbentuk venturi, yaitu dari satu ujung permukaannya lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di ujung satunya. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara meningkat ketika melewati bagian yang sempit.

Karburator memiliki peranan penting pada mesin. Karburator memiliki fungsi yaitu mencampur campuran bahan bakar dan udara yang dibuat embun yang dimasukan ke ruang pembakaran yang melewati manifold dan katup hisab.

 

Tujuan penelitihan ini guna memberi wawasan bagi siapapun yang ingin memahami tentang karburator, baik dalam praktik maupun teori.