Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Pompa Injeksi Tipe Distributor Mesin Mitsubishi L300

Muhammad Arief Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Muhammad Arief. 2017. Perancangan Pompa Injeksi Tipe Distributor Mesin Mitsubishi L300. Tugas Akhir. D3 Mesin Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Dr., Drs. Syarif Suhartadi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Pompa Injeksi Tipe Distributor.

Motor Diesel merupakan salah satu jenis mesin konversi energi sebagai penggerak mula yang menggunakan energi kimia (solar) sebagai bahan bakar. Motor diesel injeksi langsung maupun tidak langsung, untuk membangkitkan tekanan bahan bakar yang cukup tinggi (0 s.d 250 bar) digunakan pompa injeksi/injection pump. Disamping membangkitkan tekanan tinggi pompa injeksi juga berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan untuk pembakaran.

Fungsi dari sistem pompa injeksi adalah untuk melayani kebutuhan bahan bakar selama mesin bekerja. Pompa injeksi menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan tekanan tinggi menggunakan nozzel injeksi agar menghasilkan partikel yang lebih kecil sehingga mudah terbakar dengan sendirinya.

 

Komponen sistem bahan bakar yang digunakan pada mesin diesel terdiri dari tangki bahan bakar, pompa priming, saringan bahan bakar, water sedimenter, feed pump, pompa injeksi, dan nosel injeksi. Cara kerja sistem bahan bakar adalah bahan bakar dari tangki bahan bakar dipompa ke pompa injeksi oleh feed pump melalui water sedimenter maupun saringan bahan bakar. Bahan bakar dipompa ke ruang bakar dengan tekanan tinggi oleh plunyer, kemudian nosel injeksi mengabutkan bahan bakar beberapa derajat sebelum titik mati atas (TMA). Udara yang dimampatkan di dalam ruang bakar temperaturnya menjadi tinggi, sehingga bahan bakar yang disemprotkan mampu terbakar dengan sendirinya.