Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Pelaksanaan Kolom dan Balok pada Proyek Pembangunan IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan

MOCHAMAD NURUL ANAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Struktur bangunan gedung terdiriatas 2 bangunan utama, yaitu struktur bawah dan struktur bangunan atas, Dalam konstruksi bangunan terdapat beberapa komponen struktur seperti balok dan kolom, pekerjaan kolom dan balok ini memiliki pekerjaan yang cukup kompleks karena banyak pekerjaan yang harus di perhatikan balok dan kolom menjadi satu kesatuan yang kokoh dan sering disebut sebagai kerangka (portal) dari suatu gedung.Pemilihan suatu metode sangat penting dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi karena metode pelaksanaan yang tepat dapat memberikan hasil yang maksimal.

Tujuan dari penulisan ini adalah (1) Mengetahui kapasitas penampang kolom (2) Mengetahui kapasitas penampang balok (3) Mengetahui perbandingan pelaksanaan kolom dan balok pada proyek dengan kajian teori.

Metode yang digunakan untuk mengetahui pekerjaan pelaksanan kolom dan balok adalah dengan cara pengamatan, dokumentasi dan wawancara langsung dilapangan kemudian membandingkan proses pekerjaan pada proyek dengan kajian teori yang ada, dan menganalisa perhitungan kapasitas penampang menggunakan program PCA Column untuk mengetahui mampu tidaknya kolom dan balok memerima beban.

 

Hasil perbandingan pekerjaan kolom dan balok meliputi pekerjaan perancah, pekerjaan bekisting, pekerjaan pembesian, pekerjaan pengecoran, perawatan kolom dan balok dengan kajian teori yang ada sebagian besar sudah sesuai. Hasil perhitungan menggunakan PCA Column dapat di ketahui Pu dan Mu masih terletak di dalam diagram, makakolom tipe K1 masih mampu menerima beban yang bekerja. Pada perhitungan kapasitas penampang balok didapatkan hasil Mn > Mu, makabaloktipe B1 kuat menahan beban aksial dan gaya lentur yang bekerja.