Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Pengamplas Kayu menggunakan Sistem Penggerak Elektro Pneumatik (Fokus Penggerak Motor Listrik)

Dimas Satrio Nugroho, Gustab Rory Estrada

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Dimas Satrio & Estrada, Gustab Rory. 2017. Mesin Pengamplas Kayu menggunakan Sistem Penggerak Elektro Pneumatik (Fokus Penggerak Motor Listrik). Tugas Akhir. Program Studi Diploma 3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs, Solichin, S.T., M.Kes.

 

Kata Kunci : motor listrik, mesin pengamplas, kayu, elektro pneumatik

Industri kayu di Indonesia saat ini terus mengalami peningkatam, khususnya pada industri pengamplasan kayu seperti industri meubel yang terletak di jalan Bukirsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang mengeluh kesulitan akan kesulitan dan membuang waktu dan tenaga yang banyak. Sehingga diperlukan mesin yang bisa mengamplas secara cepat dan tidak banyak membuang tenaga.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka muncul pemikiran untuk membuat inovasi mesin pengamplas kayu menggunakan sistem penggerak pneumatik dan motor listrik. Mesin ini selain dibuat untuk memudahkan dalam melakukan pengamplasan juga di rancang sesederhana mungkin dan mudah digunakan. Mesin ini tidak diperlukan keahlian khusus saat pengoperasiannya. Mesin ini secara otomatis dapat melakukan pengamplasan dengan tenaga mekanik putaran dari motor yang ditransmisikan ke landasan pengamplas. Pengoperasiannya hanya menggunakan tombol power on dan off menyetel ragum. Perancangan mesin ini melalui proses diantaranya 1) Rancangan awal (draft design), 2) Rancangan teknik (engineering design), 3) Rancangan manufaktur (manufacture design), setelah rancangan selesai mesin dapat di uji coba dan di analisa.

Hasil rancang bangun mesin ini adalah gambar mesin dan komponen-komponen dengan spesifikasi sebagai berikut: motor listrik 220 dengan ½ daya kuda dan rpm 1400, diameter puli 75 dan 100 mm, pillow block tipe 205-16 mm, dan memiliki diameter poros 25 mm dan panjang 300 mm.