Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Turbin Angin Savonius Modifikasi sebagai Pembangkit Listrik Skala Mikro di Area Pantai Malang Selatan (konstruksi gearbox)

BAYU SETIAWAN, FRENKY DORES SUGARA

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Bayu & Sugara, Frenky Dores. 2017. Turbin Angin Savonius Modifikasi sebagai Pembangkit Listrik Skala Mikro di Area Pantai Malang Selatan (konstruksi gearbox). Tugas Akhir, Jurusan  Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Basuki M.Pd.

 

Kata Kunci: turbin angin, savonius, pembangkit listrik

Di Indonesia saat ini  kebutuhan listrik akan penerangan jalan di daerah terpencil masih sangat minim, termasuk di daerah malang selatan yang belum terjamah oleh instalasi listrik PLN.

Dengan latar belakang masalah tersebut di perlukan alat sebagai alternatif sementara untuk penerangan jalan di sekitar pantai  agar mempermudah masyarakat sekitar untuk beraktivitas di malam hari, baik nelayan ataupun masyarakat umum. Turbin angin dapat kita jadikan alternatif sebagai penerangan jalan pada daerah pantai Malang Selatan. Dengan memanfaatkan tenaga angin yang di konversikan menjadi sumber arus listrik.

Banyak jenis turbin angin yang dapat kita pakai sebagai sumber arus listrik untuk penerangan, salah satunya adalah turbin angin savonius. Turbin angin Savonius pertama kali diperkenalkan oleh insinyur Finlandia Sigurd J.Savonius pada tahun 1922. Jenis turbin ini memiliki beberapa bagian penting, diantaranya adalah sudu, poros, kerangka, transmisi, generator serta accu (jika di perlukan).

Berdasarkan kebutuhan komponen turbin angin savonius tersebut kita memulai dalam proses pembuatan. Proses pembuatan turbin angin savonius ini melalui beberapa proses, diantaranya: 1) Rancangan awal (Draft Design), 2) Rancangan Teknik (Engineering design), 3) Rancangan manufaktur (Manufacture design), setelah pengerjaan mesin selesai dapat di uji coba dan di analisa.

Hasil rancang bangun mesin ini adalah gambar mesin dan komponen-komponen dengan spesifikasi sebagai berikut: Diameter rotor 117 mm, diameter poros 25 mm, Puli rotor 37 mm, puli generator 70 mm.