Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Mesin Cetak Roti Kastengel

Mushaf Rizkhi Herliyanto

Abstrak


Pada akhir semester ini kami memiliki sebuah pemikiran untuk merancang atau membuat sebuah mesin cetak roti kastengel.Seperti yang kita ketahui pada saat ini banyak wirausahawan yang mulai muncul ditengah-tengah masyarakat, banyak industry rumahan yang berkembang.Begitu juga dengan industry makanan, semakin ketatnya persaingan dalam industry dalam bidang makanan membuat para pengusaha berinovasi untuk membuat produknya berkembang, mulai dari segi penampilan produk, penampilan kemasan, rasa.

Mesin Cetak Roti Kastengel ini untuk mencetak adonan roti kastengel menjadi ukuran adonan siap untuk langsung di oven dengan sekali proses tanpa harus memotong adonan  roti lagi sehingga dapat mempercepat dan mempermudah proses produksi.

Spesifikasi mesin yang telah direncanakan adalah daya motor listrik mesin ini sebesar 1/2 HP dan mempunyai putaran motor 1420 rpm kemudian motor mengalami reduksi gearbox 1:50 menjadi 28,4 rpm dan daya montor pada Conveyor sebesar 1/4 HP yang mempunyai putaran motor 1400 rpm kemudian motor mengalami reduksi gearbox 1:50 menjadi 28 rpm. Bahan Roll yang digunakan dalam konstruksi ini adalah Besi Stenlis yang mempunyai kekuatan dorong untuk dikeluarkan pada nozzle hopper adonan, kemudian gaya yang di gunakan untuk memotong adonan roti dari lubang nozzle. Adonan yang keluarakan di potong menggunakan alat potong yang berjenis plat. Dalam mesin cetak roti kastengel ini menggunakan sprocket dengan diameter 35mm sama rata berjarak sumbu poros 142mm yang mempunyai daya 0,372Kw untuk memutar roll adonan dan pemotong adonan, ini bertujuan untuk mendapatkan hasil adonan maksimal. Mesin cetak roti kastengel ini menggunakan sabukV- belt tipe A dengan tinggi 9 mm dan lebar 12,5 mm. Untuk bantalan digunakan bantalan gelinding pillow block 6005 diameter dalam 12mm, diameter luar 36mm dan kapasitas nominal spesifik 790Kg yang digunakan pada dua poros penggerak lengan tuas.