Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Perajang Rumput Gajah dan Jerami Dengan Sistem Rolling Untuk Pakan Sapi

BAYU AGUS ALANSYAH

Abstrak


Kebutuhan jumlah pakan akan rumput gajah terus meningkat, sebagai contoh sapi perah yang membutuhkan jumlah pakan sebanyak 20-25% dari berat tubuhnya. Untuk memudahkan hewan ternak dalam mengkonsumsi rumput gajah tersebut maka diperlukan proses pemotongan. Pemotongan dengan cara manual dianggap kurang efisien dalam proses perajangan, sehingga diperlukan sebuah alat yang mampu untuk bekerja secara cepat dan menghasilkan lebih banyak potongan rumput gajah dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembuatan mesin perajang rumput gajah dan jerami dengan sistem rolling untuk pakan sapi dengan kapasitas 100 kg/jam.

            Tujuan dari pembuatan mesin ini adalah (1). Mengetahui konstruksi dari mesin perajang rumput gajah, (2). Mengetahui berbagai komponen yang digunakan pada mesin perajang rumput gajah, (3). Mengetahui berapa kapasitas perajangan dari mesin perajang rumput gajah.

            Untuk membuat mesin perajang rumput gajah ini diperlukan beberapa perhitungan meliputi pisau perajang, poros pisau, poros penggerak roll, pemilihan bantalan, perencanaan sabuk poros pisau, perencanaan sabuk poros penggerak roll, perencanaan roda gigi, roll, serta kapasitas potong mesin perajang rumput gajah. 

            Prinsip kerja yang digunakan dalam mesin perajang rumput gajah ini ialah menekan tombol ON, maka motorlistrik akan menggerakkan sabuk V yang diteruskan pada puli untuk memutar poros pisau. Berputarnya poros pisau akan membuat puli kecil yang satu poros dengan pisau tersebut ikut berputar yang diteruskan putarannya menggunakan sabuk V yang kedua, untuk memutar puli pada poros penggerak rol. Putaran yang dihasilkan rol berfungsi untuk memasukkan rumput gajah pada bidang potong pisau.