Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Pencetak Logo Kardus Timbul

muhammad zaenal marzuki, abdul rohman fauzi, lutfi yusril alfarid

Abstrak


ABSTRACT

 

Fauzi, Abdul Rohman. Elfarid, Lutfi Yusril. dan Marzuki, Muhammad Zaenal. 2013. Mesin Pencetak Logo Kardus Timbul. Tugas Akhir, Progam Studi D3 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. H, Sunomo, M.Pd

Kata Kunci : Pencetakan, Pneumatic, Conveyor

Di dalam bidang usaha banayak industri yang menggunakan logo sebagai lambang industrinya. Salah satunya dalam pengemasan makanan dengan kotak kardus yang masih menggunakan logo sablon. Hal tersebut dirasa kurang maksimal karena logo sablon akan mudah tergores dengan kotak kardus lainnya sehingga logo yang terdapat pada kotak kardus akan cacat dan hasilnya tidak memadai. Oleh karena itu di rancangkanlah mesin pencetak logo kardus Timbul. Mesin ini dibuat untuk menyetak logo timbul dengan menggunakan silinder pneumatic sebagai penekan cetakan dan conveyor sebagai penggerak kardus untuk menuju pada cetakan. Untuk penekanan pada silinder pneumatic membutuhkan udara yang di hasilkan pada kompresor, daya tekanan volume udara yang dibutuhkan 18,396 liter.

 

Kontruksi pada mesin ini dibuat sesederhana mungkin, sehingga dapat menekan biaya pembuatan dan mudah untuk pengoprasiannya. Mesin ini mampu untuk melakukan pencetakan yang timbul sehingga akan menjadi aman bila terkena goresan, bisa tahan lama, dan hasilnya akan memuaskan. Mesin ini menggunakan sebuah conveyor untuk menentukan gerak kotak kardus, sehingga pada pencetakannya akan lebih presisi pada permukaan kardus dan menghilangkan ketidak teraturan  pada logo di kotak kardus.