Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SMARTRASH (Tempat Sampah Pemilah Otomatis)

Lucky Pradita Anggiat Nurwuriadi, Mochammad Husein Nabawi

Abstrak


ABSTRACT

 

Nurwuriadi, Lucky Pradita Anggiat. dan Nabawi, Moch. Husein. 2013. Smartrash Tempat Sampah Pemilah Otomatis. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Abdul Qolik, M.M., M.Pd.

Kata Kunci: sampah organik, sampah anorganik, sensor warna, arduino, motor listrik DC.

Perkembangan di bidang teknologi industri selama ini semakin maju dengan pesat. Hal tersebut berbanding lurus dengan limbah yang dihasilkan, terutama sampah. Kurang sadarnya masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menyepelekan satu sampah adalah faktor utama permasalahan sampah. Oleh karena itu dirancanglah alat dengan nama Smartrash untuk mengatasi masalah sampah dan memisahkannya sebelum masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Smartrash adalah suatu mesin pemilah sampah secara otomatis dengan menggunakan sensor warna sebagai pembeda objek organik dan anorganik, untuk tenaga penggerak alat ini menggunakan motor listrik, dan menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya.

 

Spesifikasi mesin yang telah direncanakan adalah bahan untuk cover tempat sampah menggunakan plat stainless, yang terdapat hopper pada bagian atas dan memiliki dua pintu pemilah yang masing-masing digerakkan oleh motor listrik dengan rantai rol sebagi pemindah dayanya. Data objek yang berada di hopper akan dibaca oleh sensor warna, kemudian arduino sebagai mengolah data dari sensor warna yang akan diteruskan untuk menggerakkan motor listrik dan membuka salah satu pintu. Setelah sampah jatuh sesuai klasifikasinya, motor akan menutup pintu kembali.