Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Press Cup Plastik Untuk Kemasan Minuman Dengan Sistem Pneumatik

Andreas Yulianto Purnama Sidi, Asriandi Messa Wijaya, Dody Tri Septiyawan

Abstrak


ABSTRACT

 

Sidi Purnama Yulianto Andreas, Wijaya Messa Asriandi, dan Septiyawan Tri Dody. 2013. Mesin Press Cup Plastik Untuk Kemasan Minuman Dengan Sistem Pneumatik. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Basuki M.Pd.

Kata Kunci: press cup plastik, pneumatic, produk, wadah

Pada jaman sekarang banyak bermunculan produk-produk minuman atau makanan dalam wadah yang bertujuan memudahkan konsumen untuk membawa dan awet dalam waktu yang panjang serta menjaga kualitas dari produk makanan dan minuman tersebut. Wadah yang digunakan haruslah aman serta memiliki kualitas yang terjamin, sehingga tidak berdampak buruk bagi konsumen. Umumnya wadah plastik yang digunakan adalah plastik jenis Polipropilena (PP) yang dikenal sebagai bahan sesuai dengan wadah pangan.

Meningkatnya kebutuhan akan wadah plastik di berbagai industri khususnya minuman kemasan mulai dari yang kecil sampai besar. Produsen minuman kemasan, khususnya produsen minuman rumahan (home industry) yang semakin banyak memerlukan cup plastik yang murah dan alat yang mudah digunakan. Mesin press cup plastik untuk kemasan minuman dengan sistem pneumatik merupakan pilihan yang baik, karena pemakaian pneumatik yang bersumber pada udara sehingga tingkat pengeluaran yang lebih efisien, murah, dan mudah didapat inilah sebagai alternatif.

 

Susunan dari mesin ini dibuat dengan sederhana dan mempermudah penggunaannya sehingga dapat menekan biaya pembuatan cup plastik. Pengendalian mesin hanya menggunakan micro control yang dibuat mudah digunakan serta tidak perlu keahlian khusus untuk mengoperasikan mesin ini. Oleh sebab itu dengan dibuatnya mesin ini dapat meminimalisir pengeluaran produsen dan meningkatkan daya saing produsen, karena wadah plastik tersebut dapat diganti-ganti sesuai dengan keinginan.