Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sikap Belajar dan Penguasaan Materi Mata Pelajaran Produktif Peserta Didik terhadap Hasil Praktik Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pasuruan

Mochammad Andre Faishal

Abstrak


ABSTRACT

 

Faisal, M. Andre. 2016.The Influence of Learning Attitudes and Student’s Productive Subject Mastery to the Vocational Competency Practice Test Results (UKK) Department of Mechanical Engineering SMK Negeri 2 Pasuruan. Thesis, Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisor: (I) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd, Supervisor (II) Drs. Yuni Sunarto, M.Pd.

Keywords: Learning Attitudes, Productive Subjects, UKK

Vocational Competency Test (UKK) is an evaluation of learning outcomes from students while studying in vocational high schools (SMK) and it can be used as a measuring instrument for students’ accomplisment and teachers in implementing the learning in a vocational school. The purpose of  competency test implementation is as an indicator of the achievement of standards competency, while for competency test stakeholder is used as information on the competency of the candidates. Student competency test implementation is according to the skill competency and it held before the national exam.

This research conducted with the aim to see the influence between the learning attitude and productive subject mastery in UKK practices result. This research was quantitative and explanation research. The research was viewed from the explanation level which  included in the associative explanation study  level, to find whether there was influence or no and how big the influence of the independent variable on the dependent variable. The data collection was done by using the documentation on all of the variables and the population was all students whom was majoring in engineering techniques in XII grade SMK Pasuruan.

Based on the analysis results of the data analysis, there were three conclusions : (1) the effect of learning attitudes toward the UKK practice result was 9.8587%; (2) the effect of mastery of the productive subject to the UKK practice result was 0.1688%; (3) the learning attitudes and productive subject mastery have significantly effect to the UKK practice result which was obtaining namely 10%.

ABSTRAK

 

Faishal, M. Andre. 2016. Pengaruh Sikap Belajar dan Penguasaan Materi Mata Pelajaran Produktif Peserta Didik terhadap Hasil Praktik Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Widiyanti, M.Pd, Pembimbing (II) Drs. Yuni Sunarto, M.Pd.

Kata Kunci : Sikap Belajar, Mata Pelajaran Produktif, UKK

Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) merupakan evaluasi hasil belajar peserta didik selama belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan bisa dijadikan sebagai alat ukur keberhasilan siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran di sebuah SMK. Tujuan dilaksanakan uji kompetensi adalah sebagai indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan, sedangkan bagi stakeholder uji kompe-tensi dijadikan informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. Uji kompetensi siswa dilaksanakan sesuai dengan kompetensi keahliannya dan dilaksanakan sebelum ujian nasional.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat pengaruh antara sikap belajar dan penguasaan materi mata pelajaran produktif terhadap hasil praktik UKK. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini menggu-nakan jenis penelitian explanasi. Apabila ditinjau dari tingkat explanasinya ter-masuk dalam penelitian tingkat explanasi asosiatif yaitu untuk menemukan ada tidaknya pengaruh, dan apabila ada, seberapa besar pengaruh variabel bebas ter-hadap variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan doku-mentasi pada seluruh variabel dengan populasinya adalah seluruh peserta didik jurusan teknik pemesinan kelas XII di SMK Negeri Pasuruan.

 

Berdasarkan hasil analisis hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga kesim-pulan hasil penelitian sebagai berikut : (1) pengaruh sikap belajar terhadap hasil praktik UKK sebesar 9,8587%; (2) pengaruh penguasaan materi mata pelajaran produktif terhadap hasil praktik UKK sebesar 0,1688%; (3) sikap belajar dan penguasaan materi mata pelajaran produktif berpengaruh terhadap hasil praktik UKK secara signifikan sebesar 10%.