Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Bangun Mesin Hot Printing Kartu Undangan Otomatif dengan Energi Elektro Pneumatik

Doni Widya Kurniawan, Gilang Nurdiansyah, Muhammad Burhanudin Rubani

Abstrak


ABSTRACT

 

Kurniawan Widya Doni. Nurdiansyah Gilang. dan Rubani Burhanudin Muhammad. 2013. Rancang Bangun Mesin Hot Printing Kartu Undangan  Otomatis Dengan Energi Elektro Pneumatik. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Imam Sudjono, M.T

Kata Kunci: silinder pneumatik, hot printing, otomatis.

Saat ini banyak instansi pendidikan yang mempelajari dan mengajarkan teori tentang sistem kerja pneumatik. Dalam dunia pendidikan salah satunya adalah matakuliah sistem  otomasi dan instrumentasi dan untuk dunia pelatihan kerja  dalam  bidang percetakan atau printing yang masih menggunakan teknologi manual, sehingga menginspirasi untuk melakukan pengembangan yang lebih modern dan efisien dari segi waktu, biaya, dan segi tenaga manusia. Sistem pneumatik telah banyak digunakan di dunia industri. Tapi, penggunaan mesin ini masih jarang digunakan di Indonesia untuk proses pembuatan pencetakan motif kartu undangan, sablon kaos, sablon kardus, kalender. Oleh karena itu dirancanglah Mesin Hot Printing Kartu Undangan  Otomatis Dengan Energi Elektro Pneumatik. Mesin ini menggunakan sistem kerja silinder piston dan mikro kontrol. Dengan pemberian timing 5 detik, proses stamping dengan suhu 120ºC sampai 130ºC yang sesuai sehingga, menghasilkan produk yang sangat baik.

Penggunaan sistem pneumatik sebagai media proses pencetakan motif kartu undangan diharapkan dapat membantu meringankan kerja dan menjadi sarana untuk memepermudah pekerjaan para pelaku usaha di bidang pembuatan kartu undangan, sablon kaos, kalender. Pembuatan mesin hot printing otomatis ini bertujuan untuk memberikan  kemudahan bagi para pengusaha untuk membuat kartu undangan lebih cepat dengan khualitas lebih baik sesuai dengan pesanan para pengusaha percetakan kartu undangan, sablon kaos, dan kalender. Mesin hot printing ini sangat efisien karena tidak membutuhkan banyak tenaga dan waktu kerja, namun memiliki hasil yang lebih baik dan sangat mudah dalam pengoperasiannya.

 

Kontruksi dari mesin ini dibuat sederhana mungkin namun tidak melupakan unsur estetika dan tetap mengutamakan khualitas hasil, sehingga dapat menekan biaya pembuatan dan mudah dalam pengoperasiannya. Mesin ini mampu untuk melakukan proses printing kartu undangan. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan, mesin mampu menghasilkan 480 sampai 720 kartu selama 1 jam dengan baik. Untuk suhu panas pada heater mampu mencapai 150ºC lebih dalam memanaskan tinta. Dalam hal ini suhu dibatasi oleh komponen mikro kontrol. Tinta dan pencetak dapat menhasilkan printing dengan sempurna apabila di lakukan printing selama 6 detik dengan suhu yang berkisar antara 120ºC sampai 130ºC.