Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Rancang Bangun Mesin Press Jeruk Otomatis Bertenaga Pneumatik

Mochammad Juni Kurniawan, Rizqi Nur Muhammad

Abstrak


ABSTRACT

 

Mochammad Juni Kurniawan dan Rizqi Nur Muhammad. 2013. Rancang Bangun Mesin Press Jeruk Otomatis Bertenaga Pneumatik. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs.Yuni Sunarto M. Pd.

Kata Kunci: jeruk, pneumatik, produksi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat. Dewasa ini berbagai jenis industri kecil menengah bermunculan di Indonesia. Perkembangan industri ini terjadi akibat banyaknya permintaan masyarakat akan pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Salah satu industri yang meningkat dan tidak pernah sepi peminatnya adalah industri jus jeruk yang kini telah banyak mengalami perkembangan, sifat antioksidan dari jus jeruk membuat kulit segar, cantik dan muda tampak dengan mencegah efek penuaan. Selain itu, antioksidan dengan kombinasi vitamin C melindungi sel-sel kulit dari pengaruh radikal bebas. Dengan demikian, meminum satu gelas jus jeruk setiap hari adalah cara terbaik untuk menjaga kesegaran dan daya tarik kulit untuk waktu yang lama.

Pesatnya perkembangan industri dan pemasaran bisnis jus minuman segar di Indonesia baik di kota kecil maupun kota besar, dan banyaknya metode pembuatan oleh berbagai macam jenis industri yang sama serta inovasi kreasi yang dilakukan oleh pelaku industri maka perlu di berlakukannya suatu terobosan alat untuk mempermudah proses produksi tersebut. Oleh sebab itu perlu adanya suatu pembaruan teknologi dalam alat pembuat jus jeruk ini, menggunakan sistem pneumatik menjadi salah satu alternative dari pembaruan alat pembuat jus ini. Pneumatik berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘pneuma’ yang berarti napas atau udara. Istilah pneumatik selalu berhubungan dengan teknik penggunaan udara bertekanan, baik tekanan di atas 1 atmosfer maupun tekanan di bawah 1 atmosfer (vacum). Dalam hal ini silinder pneumatik akan dijadikan sarana untuk mengepress jeruk agar sari jeruk keluar, kelebihan dari sistem pneumatik adalah ramah lingkungan mengingat sumberdaya dari pneumatik itu sendiri adalah angin.

 

Dengan adanya permasalahan yang timbul tersebut, perlu dibuat suatu mesin yang dapat mengatasi dan meminimalisir pengeluaran tenaga yang berlebih pada operator kerja. Oleh sebab itu perlu dibuatnya mesin pengepress jeruk otomatis bertenaga pneumatik dan tetap memiliki control yang akurat dalam pengerjaan pembuatan jus jeruk itu sendiri dan dapat mempersingkat waktu, meningkatkan mutu serta kualitas jus jeruk sehingga jus dapat tetap dalam kondisi higienis.