Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Pengepres Ban Otomatis Dengan Timer Otomasi

Faizal Arifandi, Hendra Purnama

Abstrak


ABSTRACT

 

Arifandi, Faizal. dan Purnama, Hendra. 2013. Mesin Pengepres Ban Otomatis dengan system timer otomasi. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Solichin, S.T., M.Kes

Kata Kunci: pnumatik, pemanas, timer.

Pada kondisi saat ini teknologi tambal ban konvensional masih sangat sederhana atau masih dengan cara tradisional, untuk itu kami mengadakan penelitian terhadap bengkel tambal ban yang sudah ada di Mojokerto adalah sebagai poin -  poin yang kami jadikan acuan sebagai observasi di lapangan. Bengkel Tambal ban motor konvensional merupakan cara paling umum yang digunakan cara untuk menambal ban dalam kendaraan bermotor. Proses ini cukup memakan waktu dan tenaga. Yang diharapkan oleh tukang tambal adalah sebagai berikut : (1.) Proses penambalan yang cepat agar efisien. (2.) Hasil tambalan yang matang dengan baik. (3.) Tidak menggunakan tenaga yang banyak. (4.) Meningkatkan produktivitas ketika ramai.

Oleh karena itu, dengan banyak munculnya jasa pengepres ban, maka diperlukan suatu mesin Pengepres ban otomatis dengan sistem timer otomasi bertenaga elektro pneumatik yang dapat digunakan para pengusaha untuk mempermudah proses pengepresan ban dan membuat pengepresan ban dengan lebih baik dan cepat sesuai dengan inovasi yang mereka buat. Hasil proses pres ban tidak kalah dengan cara konvensional. Komponen yang digunakan yaitu : (1.) Besi yang dipakai untuk rangka menggunakan besi jenis S35C. (2.) Pneumatic dengan diameter 50mm, panjang 100mm, dengan kekuatan 30 - 50 kg. (3.) Micro Control. (4.) Elemen pemanas yang digunakan adalah elemen pemanas setrika. Biaya yang diperlukan untuk perancangan mesin ini sekitar Rp. 5.090.000,-. Untuk perawatan mesin tidak terlalu susah yaitu hanya pengecekan kebersihan pada mesin, sehingga mesin bisa dipergunakan kembali dan awet.

Mesin ini dapat mempercepat proses penambalan ban dan menghemat waktu pengepresan dimana press dilakukan dengan proses pneumatik dan tidak tersentuh tangan sama sekali. Oleh karena itu, hasil dari penambalan ban dengan pneumatik lebih mempersingkat waktu dan tenaga. Mesin ini sangat di butuhkan oleh bengkel ataupun penambal ban kecil dimana tidak memakan tempat dan waktu penambalan yang dapat dipersingkat.