Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Penebar Pakan Ikan Semi Otomatis Sistem Sentrifugal Dengan Tenaga “Solar Cell”.

Rachmanial Wicaksono Wibowo, Daru Eko Wicaksono

Abstrak


ABSTRACT

 

Wicaksono, Daru eko. dan Wibowo, Rachmanial Wicaksono. 2013. Mesin Penebar Pakan Ikan Semi Otomatis sistem Sentrifugal dengan teaga “solar cell”. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Wahono, S.ST , M.Pd

Kata Kunci: panel surya, motor listrik, baterai, scc (solar charger control).

Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju sekarang ini banyak industri-industri maupun pendidikan yang menngunakan alat maupun mesin yang digunakan secara otomatis. Salah satu yaitu memanfaatkan energi matahari dengan menggunakan energi solar cell atau tenaga surya. Dalam hal ini dirancanglah mesin penebar pakan ikan semi otomatis dengan menggunakan energi solar cell yang dirasa lebih efisien dan mudah untuk digunakan. Sehingga dapat mengurangi tenaga manusia, mesin ini dirancang dengan menggunakan penggerak motor listrik DC dan panel surya sbagai tenaga utam penggerak motor. Kemudian dari panel surya yang menangkap sinar matahari disimpan oleh baterai untuk menghindari baterai terisi overlod digunakan solar charger control sebagai pengatur arus yang masuk ke baterai.

Kontruksi dari mesin ini dibuat sesederhana mungkin, sehingga dapat menekan biaya pembuatan dan mudah dalam pengoperasiannya. Mesin ini mampu untuk melakukan proses penebaran pakan ikan secara merata, dan pada pengoperasianyan mesin tidak terlalu sulit karena hanya dengan menekan tombol on/off pada mesin yang sudah ada. Mesin ini menggunakan sebuah motor listrik sebagai penggerak, panel suraya sebagai penanagkap sinar matahari, scc (solar charger control) dan baterai. Tujuan dari perancangan ini adalah 1) Untuk menghasilkan rangcangan awal (draft design), 2) Untuk menghasilkan rancangan teknik (engineering design), Untuk menghasilkan rancangan manufaktur (manufactur design), 4) Untuk mendiskripsikan komponen mesin berdasarkan rancangan mesin penebar pakan ikan sistem sentrifugal semi otomatis dengan energi “solar cell”.

Metode rancang bangun mesin penebar pakan ikan yaitu pertama melakukan observasi didesa Bangsri Kecamatan Kabupaten Blitar yang terdapat banyak petani ikan, kedua membuat studi pustaka untuk mengkaji kegunaan mesin, ketiga melakukan interview kepada petani ikan apakah membutuhkan alat atau mesin tepat guna yang memudahkan pekerjaan mereka, keempat menguji kelayakan mesin agar dapat digunakan dengan aman.

 

Hasil dari rancang bangun mesin penebar pakan ikan dengan energi “solar cell” tersebut adalah gambar mesin dan komponen-komponen dengan spesifikasi sebagai berikut: menggunakan Motor DC 1/8 Hp, Panel Surya 20 Wp, scc, Baterai VRLA, dengan kapasitas tabung 10-15 kg dengan waktu pengisian baterai 6 jam pengecasan dibawah terik sinar matahari untuk waktu  pemakaian sekitar 30-50 menit.