Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Pencetak dan Pemotong Adonan Makaroni Dengan Tenaga Pneumatik

Farif Eka Prasetya, Ricsky Putra

Abstrak


ABSTRACT

 

MESIN PENCETAK DAN PEMOTONG ADONAN MAKARONI DENGAN TENAGA PNEUMATIK

Prasetya,Farif. Dan Putra,Ricsky. 2013. Mesin Pencetak dan Pemotong Adonan Makaroni dengan tenaga pneumatik. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Djonni Bangun

Kata Kunci : makaroni,adonan,pneumatik.

Perkembangan di bidang teknologi indrustri selama ini semakin maju dengan pesat. Ini dapat dilihat dari banyaknya indrustri-indrustri di segala bidang yang makin berkembang dan berinovasi mulai sekarang dari indrustriyang berskala kecil maupun berskala besar. Perkembangan ini seiring dengan era globalisasi yang dilalui oleh negara Indonesia untuk menjadi negara berkembang.

Dari uraian masalah di atas maka penulis mencoba untuk merencanakan suatu alat yang tepat, dimana dengan alat ini nantinya akan dapat membantu mengefisienkan waktu dan tenaga agar dapat meningkatkan proses produksi makaroni. Alat ini nantinya akan menggunakan, pisau pemotong otomatis,serta ulir screw penekan sebagai pendorong, sedangkan tenaga penggeraknya menggunakan pneumatik yang kemudian ditransmisikan ke screw dan pisau pemotong juga digerakkan oleh poros screw.

Mesin pencetakdaan pemotong makaroni dengan tenaga pneumatik ini menggunakan penggerak silinder pneumatik. Silinder pneumatik mendorong plat transmisi yang digunakan untuk menggerakan screw press dan poros pisau pemotong. Adonan masuk dari corong masuk tabung screw, kemudian di dorong oleh screw press menuju ke pencetak adonan. Setelah adonan keluar dari pencetak, adonan akan dipotong oleh pisau pemotong adonan. Pisau pemotong adonan makaroni digerakkan oleh poros screw.

 

Mesin pencetak dan pemotong makaroni dengan tenaga pneumatik ini digerakkan oleh silinder pneumatik. Silinder untuk menggerakan screw dan poros screw dimanfaatkan untuk menggerakkan pisau pemotong.