Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mesin Poles Spesimen Metalurgi

Ilham Putra Herwoto, Muhammad Taufiq Aziz

Abstrak


ABSTRACT

 

Herwoto, Ilham Putra. dan Aziz, Muhammad Taufiq. 2013. Mesin Poles Spesimen Metalurgi. Tugas Akhir, Program Studi D3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Imam Sudjono, M.T

Kata Kunci: pemolesan, motor listrik, inverter.

Instansi pendidikan banyak yang mengajarkan teori tentang metalografi, salah satunya mereka mengerjakan proses pemolesan dengan alat manual. Hal tersebut dirasa kurang efisien sebab masih banyak menggunakan tenaga manusia, membutuhkan waktu dalam pengerjaan dan hasilnya kurang memadai. Oleh karena itu dirancanglah Mesin Poles Spesimen Metalurgi. Mesin ini menggunakan holder/pemegang benda uji sehingga mengurangi tenaga manusia. Untuk mengatur putaran motor menggunakan inverter sehingga dapat diatur putaran motor sesuai kebutuhan yaitu 0 rpm – 1500 rpm.

Kontruksi dari mesin ini dibuat sesederhana mungkin, sehingga dapat menekan biaya pembuatan dan mudah dalam pengoperasiannya. Mesin ini mampu untuk melakukan proses pemolesan sehingga hasil permukaan benda uji halus, bebas goresan, mengkilap, dan menghilangkan ketidakteraturan permukaan benda uji. Mesin ini menggunakan sebuah motor listrik sebagai penggerak, piringan logam, dan sirkulasi air. Sehingga hasil pemolesan menjadi lebih halus, bebas goresan, mengkilap, dan menghilangkan ketidakteraturan permukaan benda uji.