Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Mesin Pengiris Singkong Tenaga Ganda

Faristya Anggella Putri, Rahma Hidayati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Faristya Anggella Putri dan Rahma Hidayati. 2016. Mesin Pengiris Singkong Tenaga Ganda. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Basuki, M.Pd. (II) Drs. Solichin, S.T., M.Kes

 

Kata Kunci: Singkong, pengiris, produksi.

Singkong merupakan tanaman umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Masyarakat Indonesia sudah mengenal singkong sebagai bahan makanan, bahkan menjadikannya sebagai makanan pokok. Seiring dengan perkembangan jaman, olahan singkong menjadi semakin bervariatif, salah satunya adalah keripik. Permintaan konsumen semakin meningkat, sehingga produsen keripik singkong kewalahan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Pada awalnya pengirisan singkong dilakukan manual dengan memanfaatkan tenaga manusia. Pengerjaan secara manual ini dilakukan dengan cara mengiris singkong yang dipegang oleh para pekerja ke pisau yang sudah dipasang pada suatu meja kayu. Hasil irisan singkong yang dikerjakan secara manual sangat sedikit yaitu lebih kurang 18 kg/jam. Hasil ini tidak sebanding dengan permintaan konsumen, sehingga beberapa produsen keripik singkong mulai beralih dengan menggunakan mesin pengiris singkong.

Mesin pengiris singkong tenaga ganda adalah suatu mesin pengiris dengan menggunakan penggerak motor listrik dan engkol pemutar manual. Engkol dapat digunakan ketika listrik padam, sehingga produsen tetap dapat memproduksi keripik.

Kelebihan dari mesin pengiris singkong tenaga ganda ini pada desainnya yang portable, sehingga tidak memerlukan tempat yang luas untuk penempatannya, menggunakan tambahan engkol dengan sistem manual yang bertujuan agar mesin tetap dapat dioperasikan saat listrik padam, serta jumlah pisau pengiris dan tempat singkong berjumlah tiga, sehingga hasil produksi lebih banyak.

Disamping mempunyai kelebihan, mesin ini juga mempunyai kekurangan yaitu apabila pisau tumpul maka harus memesan pisau dengan ukuran yang telah ditentukan karena pisau tidak dijual di pasaran. Selain itu apabila pekerja bekerja menggunakan tuas/engkol, maka tempat singkong yang digunakan hanya 1 saja sehingga tempat singkong yang lainnya tidak terpakai.

Perawatan mesin pengiris singkong tenaga ganda ini cukup mudah. Setelah selesai menggunakan mesin, mesin cukup dilap dan dibersihkan dari sisa-sisa potongan singkong yang menempel menggunakan kain basah, memberikan pelumasan pada gear box dan rantai tiap satu bulan sekali sehingga mesin tetap bekerja dengan baik, serta mengganti komponen mesin yang rusak atau tidak layak pakai dengan komponen yang baru.