Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Sikap Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif dengan Interpersonal Skill Siswa pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas X SMK Negeri 10 Malang

Dandi Anggara Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Dandi A. 2015. Hubungan Antara Sikap Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif dengan Interpersonal Skill Siswa pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas X SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mardji, M.Kes., (II) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd

 

Kata Kunci: Sikap Siswa, Mata Pelajaran Produktif, Interpersonal Skill

Dari hasil observasi awal pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran produktif  di SMKN 10 Malang masih belum jelas bagaimana hubungan sikap siswa dalam mata pelajaran produktif dengan interpersonal skill siswa. Dari sini dapat dilihat bahwa sikap siswa dalam mata pelajaran produktif belum sepenuhnya sepadan dengan interpersonal skill yang dimiliki oleh lulusan SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  (1) mendiskripsikan sikap siswa dalam mata pelajaran produktif di SMK Negeri 10 Malang, (2) mendiskripsikan interpersonal skill siswa di SMK negeri 10 Malang, (3) mengetahui hubungan sikap siswa dalam mata pelajaran produktif dengan interpersonal skill siswa di SMK Negeri 10 Malang pada program teknik kendaraan ringan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 10 Malang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 102 siswa kelas X Program Teknik Kendaraan Ringan dengan metode pengambilan sampel menggunakan sampel acak berstrata proporsional. Metode pengambilan data yang digunakan dengan angket.

Berdasarkan hasil analisis data dari sampel 102 siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang siswa golongkan tiga kelompok (1) kelompok dengan nilai sikap tinggi sebanyak 34 siswa (34,68%) dengan nilai rata-rata 8,81 diperoleh Fhitung  > F tabel, yaitu F hitungnya adalah  24,414 dan F tabelnya adalah 3,94,(2) dengan nilai sikap sedang sebanyak 34 siswa (34,68%) dengan nilai rata-rata 8,28 diperoleh Fhitung  > F tabel,  yaitu F hitungnya adalah  13,675 dan F tabelnya adalah 3,94 dan (3) kelompok dengan nilai sikap rendah sebanyak 34 siswa (34,68%) dengan nilai rata-rata 7,74 diperoleh Fhitung  > F tabel, yaitu F hitungnya adalah  7,760 dan F tabelnya adalah 3,94. Diketahui sebanyak 3 siswa (2,94%) memiliki interpersonal skill sangat tinggi, sebanyak 7 siswa (6,86%) memiliki interpersonal skill tinggi, sebanyak 10 siswa (9,80%) memiliki interpersonal skill cukup tinggi, sebanyak 43 siswa (42,16%) memiliki interpersonal skill sedang, sebanyak 23 siswa (22,55%) memiliki interpersonal skill cukup dan sebanyak 16 siswa (15,69%) memiliki intepersonal skill rendah.

Dari hasil penghitungan F tabel diperoleh Fhitung sebesar 157,157 dengan taraf signifikan 0,000. Selain itu Fhitung  > F tabel, yaitu F hitungnya adalah  157,157 dan F tabelnya adalah 3,94 ; 157,157 > 3,94. Oleh karena itu, Ha yang berbunyi ada hubungan antara sikap siswa dalam mata pelajaran produktif dengan interpersonal skill siswa pada program teknik kendaraan ringan dapat diterima. Saran bagi siswa agar memperbaiki sikap selama mengikkuti mata pelajaran produktif sehingga ketika masuk dunia industri mudah untuk naik jenjang karirnya.