Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Optimalisasi Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Keselamatan Kerja Karyawan PLTA Sutami

Ribut Setyo Prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Produktivitas kerja karyawan merupakan faktor utama bagi suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada peningkatan produktivitas kerja karyawan, antara lain: keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja. Dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) diharapkan dapat meningkatkan keselamatan kerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan program optimalisasi keselamatan dan kesehatan kerja terhadap karyawan PLTA Sutami, untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di PLTA Sutami, untuk mengetahui system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja terhadap karyawan PLTA Sutami.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrpitif, dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian terhadap perencanaan K3 sudah berjalan dengan baik, penerapan K3 juga berjalan dengan baik dan sistem manjemen K3 juga berjalan dengan baik.

Saran penulis perencanaan,penerapan dan sistem manajemen perlu dipertahankan serta ditingkatkan dan perlu pembenahan dalam hal pergantian jam kerjaa