Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGAPIAN PADA SISIWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PGRI 3 MALANG TAHUN AJAR 2014/2015

mikdat hawari

Abstrak


ABSTRAK

 

Hawari, Mikdat. 2015. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengapian pada  Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs.H. Sumarli, M.Pd , M.T (2) Drs. Partono M.Pd

 

Kata Kunci : Faktor –faktor, Hasil Belajar, Pengapian, Malang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan  eksternal yang meliputi minat, bakat, motivasi, kesehatan jasmani, cacat tubuh, ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah, kebiasaan belajar, lingkungan keluarga seperti orang tua, lingkungan sekolah seperti guru, alat/media pengajaran, kondisi gedung. Sistem pengapian pada mesin bensin berfungsi untuk membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar pada akhir langkah kompresi, sehingga dihasilkan daya mekanik. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa merupakan hasil dari interaksi antara berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut terdiri dari faktor intern yang terdiri dari faktor jasmani, psikologis, dan kelelahan dan ekstern yang terdiri dari lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Kenyataan bahwa siswa bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam mengikuti pembelajaran teori maupun kegiatan praktek masih terlihat ada hambatan-hambatan yang di alami, sehingga masih ada siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa (minat, bakat, motivasi, kesehatan jasmani, cacat tubuh, ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah, kebiasaan belajar, lingkungan keluarga seperti orang tua, lingkungan sekolah seperti guru, alat/media pengajaran, kondisi gedung) mata pelajaran Pengapian pada siswa kelas X TKR SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitatif deskripif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan  angket. Metode dokumentasi adalah untuk mengetahui jumlah siswa dan hasil belajar siswa teknik kendaraan ringan SMK PGRI 3 Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 196 siswa dan diambil sampel sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun pengolahan data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS 19 for windows.

Berdasarkan hasil analisis Regresi Linier Berganda tersebut, diperoleh sebelas simpulan sebagai berikut, yaitu kondisi gedung, kesehatan jasmani, ketaatan siswa,motivasi, keluarga, alat/media, guru, minat, kebiasaan belajar, cacat tubuh  tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan bakat mekanik berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan saran (1) bagi pendidik atau guru mata pelajaran Pengapian SMK PGRI 3 Malang pada khususnya dan guru mata pelajaran lain pada umumnya diharapkan dapat memperhatikan kemudian menindak lanjuti faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dari sekian banyak faktor yang ada sehingga peneliti berharap dapat meningkatkan hasil  belajar siswa. (2) Bagi sekolah berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah dalam memperbaiki hasil belajar siswa guna meningkatkan mutu pendidikan sekolah. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang berkeinginan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat mengidentifikasi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar. (4) bagi siswa dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.