Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN TEKNIKAL MEMPERBAIKI SISTEM REM PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF DI SMK ”NASIONAL” MALANG

rengga rahmaniharto

Abstrak


ABSTRAK

 

Priyoyuniawan,Rengga Rahmaniharto. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Kecakapan Teknikal Memperbaiki Sistem rem Pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK ”Nasional” Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd

dan (II) Drs Sumarli, M.Pd., M. T.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kecakapan Teknikal, Kompetensi Memperbaiki Sistem Rem

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XII TO 1 Program Keahlian Teknik Otomotif  SMK Nasional Malang  tanggal 1 Maret 2013 dan 21 Maret 2013, diketahui bahwa sebagian besar sistem pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Ciri utama pembelajaran konvensional adalah penggunaan  metode ceramah yang berlebihan dalam penyajian materi pelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada unjuk kerja khususnya pada ranah kecakapan teknikal siswa siswa yang masih rendah, yaitu rata-rata skor tes 65,40 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 65%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kecakapan teknikal memper-baiki sistem rem siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Nasional Malang melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksana-kan pada tanggal 22 Maret 2013 sampai tanggal 28 Maret 2013. Data penelitian kecakapan teknikal siswa berupa nilai yang diperoleh melalui hasil tes unjuk kerja setiap akhir siklus.

Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 65,40 dan ketuntasan klasikal 65% sebelum siklus I meningkat menjadi 68,40 dan ketuntasan klasikal 68% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 99,60 dan ketuntasan klasikal 100% setelah siklus II.

Dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis proyek selain materi yang diajarkan harus sesuai, kondisi lingkungan perlu diperhatikan diantaranya pembentukan kelompok harus jelas dan pasti, keterkaitan antara guru dan murid serta peralatan yang dibutuhkan harus tersedia dan waktu yang digunakan harus cukup.

ABSTRACT

 Priyoyuniawan,Rengga Rahmaniharto.2013. The application of project based learning method to enhance technical skill in improving brake system in automotive engineering program at ‘Nasional’ Vocational High School Malang (SMK ‘Nasional’). Advisors: (1) ) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd and (2) Drs. Sumarli, M.Pd., M. T

 

Key words: Project based learning, technical skill, competency in improving brake system

 Based on the results of observations made in class XII TO 1 Automotive Engineering Vocational Skills Program National Malang on March 1, 2013 and March 21, 2013, it is known that most of the learning systems are still using conventional methods. The main characteristic of conventional learning is the excessive use of lecture method in preparing learning materials and teacher-centered learning. It has an impact on performance especially in the realm of student technical skills of students is still low, with an average test score of 65.40 and completeness classical study only 65%. To overcome these problems required learning method that can improve the technical skills of students. Learning is applied in this research is collaborative learning with project-based learning methods (project based learning)

This study aims to improve technical prowess treat mend brake system class XII students in the Automotive Engineering Program of the National SMK Malang through the implementation of project-based learning methods. This research is quantitative research design Classroom Action Research (CAR), which consists of two cycles. Data retrieval research was carried out on March 22, 2013 until March 28, 2013. Technical skills of research data in the form of grades students obtained through the performance test results the end of each cycle.

The results applying project-based learning method can improve the technical skills of students improve student learning outcomes of the class average score was 65.40 and the classical completeness 65% before the first cycle increased to 68.40 and classical completeness 68% after the first cycle and increased again to 99,60 and 100% classical completeness after the second cycle.

In preparing education based on the project the material have to be appropriate besides, the condition of the environment need to be attentioned to are the grouping must be clear and sure, good relationship between teacher and student, availableness of the equipment needed and enough using time.