Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Free Web Blog terhadap Hasil Belajar Kompetensi Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Kediri

Adi Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Adi. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Free Web Blog terhadap Hasil Belajar Kompetensi Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Kediri. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr., H. Amat Nyoto, M.Pd., (II) Drs. H. Agus Sholah, M. Pd.

Kata Kunci: media pembelajaran, free web blog, sistem starter dan pengisian, hasil belajar

Pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien merupakan tujuan pembelajaran yang menekankan pada penguasaan secara cepat dan tuntas.  Adanya media pada proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar. Salah satu bentuk media pembelajaran yang akan digunakan pada penelitian kali ini adalah media pembelajaran berbasis free web blog. Dengan menggunakan media pembelajaran  ini, guru diharapkan  dapat  menyampaikan informasi dengan lebih mudah dan siswa dapat menangkap informasi pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan desain penelitian post-test design. Dalam desain ini, dilakukan pre-test untuk mendapatkan data kemampuan awal dari subyek penelitian sebelum pelaksanaan eksperimen. Setelah dilaksanakan eksperimen dilakukan kembali pengamatan terhadap subjek eksperimen menggunakan  post-test. Dengan diterapkannya penggunaan  media pembelajaran berbasis free web blog hasil belajar siswa kelas XI TKR 4 SMK Negeri 1 Kediri terdapat peningkatan.  Nilai rata-rata  pre-test kelas XI TKR 4 (eksperimen) yang awalnya 49 setelah mengikuti pembelajaran meningkat 15% menjadi 64 namun tidak berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata nilai siswa kelas XI TKR 3 (kontrol)  yang diajar dengan pembelajaran  konvensional yang awalnya 52 hanya meningkat 13% menjadi 65. Berdasarkan data hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis free web blog lebih menarik, namun belum signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi memperbaiki sistem starter dan pengisian di  SMK Negeri 1 Kediri. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini agar media ini dikembangkan lebih lanjut sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk dijadikan media pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan hasil belajar.