Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Otomotif Berbasis Web Moodle Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sistem Bahan bakar Bensin dan Komponennya untuk Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar.

Dbi Irawan

Abstrak


ABSTRAK

Irawan, Dani. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Otomotif Berbasis Web Moodle Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sistem Bahan bakar Bensin dan Komponennya untuk Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 1 Blitar.Skripsi. JurusanTeknikMesin,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd.,(II) Dra.Anny Martiningsih, M.Kes.

 

Kata Kunci : web, moodle, media pembelajaran, sistem bahan bakar bensin

Penggunaan media pembelajaran sangat bermanfaat bagi guru dalam membantu penyampaian informasi dalam proses belajar. Tanpa menggunakan media yang menarik maka hasil belajar siswa tidak akan maksimal. Hal tersebut terjadi pada pembelajaran kompetensi dasar “Mengidentifikasi Sistem Bahan Bakar Bensin” di SMK Islam 1 Blitar. Pembelajaran dikelas bersifat klasikal atau konvensional yang membuat para siswa kurang aktif dan kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Disisi lain kemampuan para siswa dalam mengakses internet sudah menjadi hal yang biasa dan tidak asing lagi, selain itu dukungan sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah berupa ruang komputer, sambungan internet dari telepon kabel (wifi) dan modem dari operator telepon seluler dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis web dengan aplikasi moodle. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran otomotif berbasis web moodle,(2) Mengetahui hasil validasi produk media pembelajaran otomotif berbasis web moodle.

Metode penelitian pengembangan yang digunakan mengadopsi dari tahapan ADDIE yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development ,(4)implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berupa kuisioner yang diberikan kepada ahli media,ahli materi, dan uji coba lapangan berupa pretest dan posttest terhadap 25 orang siswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara pada tahap analysis dan data kuantitatif untuk meniliai kevalidan produk media yang dihasilkan.

Hasil validasi ahli media menunjukan skor 89,7%,validasi ahli materi menunjukan skor 91, uji coba perorangan mendapat skor 97,1%. Sedangkan hasil preetest dan postest yang dilakukan pada uji lapangan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan rata-rata kenaikan 16,54%. Kesimpulan dari penilaian keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dengan rata-rata penilain 91,04% dan layak digunakan. Hasil direvisi media ini meliputi:(1) tampilan background, (2) tampilan petunjuk penggunaan (3) warna teks.

Beberapa saran pengembangan produk media pembelajaran berbasis web moodle meliputi (1) Penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya terbatas pada teknik kendaraan ringan saja akan tetapi juga pada kompetensi keahlian yang lain, (2) media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya secara offline akan tetapi juga online, (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan implementation dan evaluation terhadap media tersebut.