Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN MATAKULIAH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Muhammad Husin

Abstrak


ABSTRAK

Husin, Muhammad. 2012. Pengembangan dan Penerapan Modul Pembelajaran Matakuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Skipsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Solichin, S.T., M.Kes. dan (II) Dra. Widiyandti, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan modul, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dan efektifitas modul

Keselamatan  dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu matakuliah yang ada di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Pelaksanaan pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dilaksanakan saat ini masih dengan sistem pembelajaran yang masih dengan baca tulis, dengan dosen menerangkan mahasiswa mencatat saja, tanpa ada media pembelajaran yang mendukung, referensi yang digunakan untuk belajar juga masih terbatas. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran matakuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang mendukung dan mempermudah mahasiswa untuk belajar, media yang ada harus sesuai dengan materi pokok yang akan dikaji dalam matakuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada S1 Pendidikan Teknik Mesin.

Pengembangan produk bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul pembelajaran pada Mata Diklat (K3) khususnya pada Sub Kompetensi Mengikuti Prosedur Tempat Kerja dan Memberikan Umpan Balik tentang K3, 2) menghasikan modul pembelajaran pada Mata Diklat (K3) yang berkualitas, 3) mengetahui tingkat kelayakan modul ajar K3 yang telah dikembangkan.

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan menurut Sugiyono dengan pengembangan tersebut memenuhi kriteria validitas pengujian pada ahli materi, ahli media, dan pemakai. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan produk masal.

Hasil dari penelitian ini yaitu berupa: 1) modul pembelajaran K3, yang telah teruji/ berkualitas menurut ahli media, ahli materi dan kelompok uji coba menyatakan modul dapat dipahami dan dilaksanakan sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran K3. Kualitas modul menurut mahasiswa, mahasiswa dapat dipahami dan menyatakan modul baik digunakan dalam proses belajar mengajar pada Mata Diklat K3, 2) pencapaian hasil uji coba dengan menggunakan instrument validitas dengan persentase 85 – 100 % dikatakan valid.