Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Motivasi Belajar dan Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dengan Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Motor Diesel Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang

Andy Mirza Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada pelajaran produktif siswa kelas XI TKR di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang masih menggunakan metode ceramah. Mengakibatkan siswa kurang antusias, mudah bosan, dan motivasi belajar siswa naik turun saat pembelajaran berlangsung, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Dari 34 siswa kelas XI, 70,59 % siswa mendapatkan hasil belajar di atas SKM sedangkan 29,41 % siswa mendapatkan hasil belajar di bawah SKM. Demikian perlu dilakukan penerapan pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran talking stick.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, penerapan model pembelajaran talking stick, hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa dan penerapan model pembelajaran talking stick dengan hasil belajar sistem bahan bakar motor diesel siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian hubungan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan jumlah populasi, yaitu siswa kelas XI TKR yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran talking stick dengan menggunakan metode angket, untuk data hasil belajar dengan menggunakan metode tes. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data penelitian dengan uji korelasional serta uji hipotesis penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa tinggi,  (2) penerapan model pembelajaran talking stick mendapat skor pencapaian baik, (3) hasil belajar siswa tinggi, (4) terdapat hubungan positif yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, (5) terdapat hubungan positif yang kuat antara penerapan model pembelajaran talking stick dengan hasil belajar siswa, (6) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran talking stick dengan hasil belajar siswa.

Saran yang diberikan yaitu: (1) bagi guru pelajaran produktif, hendaknya model pembelajaran talking stick dijadikan alternatif dalam pembelajaran dan selalu menanamkan motivasi belajar ke siswa, (2) bagi Kepala SMK Al Kaaffah, hendaknya selalu memberi dorongan pada guru untuk menerapkan pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, (3) bagi peneliti selanjutnya, direkomendasikan untuk meneliti penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran lain sesuai dalam dua sekolah atau lebih.

 

Kata Kunci: motivasi belajar, model pembelajaran talking stick, dan hasil belajar