Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi siswa tentang kompetensi guru SMK Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri

Anton Fatoni .

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatullah, Fahrial. 2012. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Jurusan Gambar Bangunan Terhadap Sarana dan Prasarana di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Sugiyanto, S.T., M.T., (II) Ir. Dian Ariestadi, M.T.

 

Kata kunci: Kepuasan siswa, sarana dan prasarana

Prestasi belajar yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh faktor motivasi yang berasal dari dalam diri (intern), tetapi juga dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari luar diri (ekstern) yaitu ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap dan ideal. Sarana dan prasarana yang ideal akan memberikan rasa puas terhadap siswa karena harapan-harapan siswa yang berhubungan dengan fasilitas sekolah terpenuhi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana, yang meliputi: (1) perabot, (2) media pendidikan, (3) ruang kelas, (4) perpustakaan (5) laboratorium (6) ruang tata usaha (7) toilet (8) musholla (9) sarana olahraga dan usaha kesehatan sekolah (10) taman (11) kantin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah semua populasi dijadikan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 135 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan di SMK Negeri 6 Malang, tanggal 11 Juni sampai 16 Juni 2012.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disajikan sebagai berikut: (1) kepuasan siswa terhadap perabot termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 71,11%, (2) kepuasan siswa terhadap media pendidikan termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 70,99%, (3) kepuasan siswa terhadap ruang kelas termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 73,86%, (4) kepuasan siswa terhadap perpustakaan termasuk dalam kategori puas dengan prosentase 73,01%, (5) kepuasan siswa terhadap laboratorium termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 76,67%. (6) kepuasan siswa terhadap ruang tata usaha termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 74,07, (7) kepuasan siswa terhadap toilet termasuk dalam kategori kurang puas dengan prosentase sebesar 55,88%, (8) kepuasan siswa terhadap musholla termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 76,48%, (9) kepuasan siswa terhadap sarana olahraga dan UKS termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 76,39%, (10) kepuasan siswa terhadap taman termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 76,16%, (11) kepuasan siswa terhadap kantin termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 69,63%, (12) secara keseluruhan kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana termasuk dalam kategori puas dengan prosentase sebesar 72,12%.

Adapun saran-saran berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) Pihak sekolah hendaknya menyesuaikan sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar nasional agar siswa merasa sangat puas dan maksimal saat digunakan. (2) Bagi peneliti lain, pada penelitian ini terbatas hanya kepuasan siswa terhadap sarana dan prasarana jurusan Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang, oleh karena itu perlu dilaksanakan penelitian selanjutnya guna memperluas bahasan penelitian.