Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ANTARA SIKAP, MOTIVASI SISWA DAN SARANA PRASARANA PRAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PEMINDAH TENAGA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKN 1 WONOASRI KABUPATEN MADIUN

devi dwi septaria

Abstrak


ABSTRAK

 

Septaria , Devi Dwi. 2012. Pengaruh Antara Sikap, Motivasi Siswa, Dan Sarana Prasarana Praktik Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Sistem Pemindah Tenaga Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Smk 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sunomo, M.Pd (II) Drs. H. Yoto, S.T., M.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Sikap, Motivasi Siswa, Sarana Prasarana Praktik, dan Prestasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara sikap, motivasi siswa, dan sarana prasarana praktik terhadap prestasi belajar mata diklat sistem pemindah tenaga siswa kelas xi jurusan teknik kendaraan ringan SMK 1 Wonoasri Kabupaten Madiun

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKR sebanyak 73 siswa, dan jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap, motivasi siswa, dan sarana prasarana praktik sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar mata diklat sistem pemindah tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap siswa berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat sistem pemindah tenaga, hal ini dapat dilihat dari t hitung 3,319 > t tabel 2,000. Motivasi siswa berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat sistem pemindah tenaga, hal ini dapat dilihat dari hasi t hitung 3,577 > t tabel 2,000. Sarana prasarana praktik berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat sistem pemindah tenaga, hal ini dapat dilihat dari hasi t hitung 3,806 > t tabel 2,000. Secara simultan sikap, motivasi siswa dan sarana prasarana praktik berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil F hitung 22,573> F tabel 2,760. Selain itu, diperoleh Adjusted R square sebesar 0,511. Hal ini berarti 51,1 % perubahan variabel prestasi belajar mata diklat sistem pemindah tenaga disebabkan oleh perubahan sikap, motivasi siswa, dan sarana prasarana praktik. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah variabel sarana prasarana praktik.

Dari data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa semakin baik sikap, motivasi siswa dan sarana prasarana praktik, baik secara individu maupun secara simultan akan diikuti oleh semakin meningkatnya prestasi belajar siswa pada mata diklat sistem pemindah tenaga. Disarankan kepada para peneliti selanjutnya dengan kasus serupa agar mengembangkan variabel-variabel penelitian yang bervariasi yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti, serta memperluas wilayah populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.